UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MIN 1 KUDUS

Amalia, Lisa (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MIN 1 KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul ) - Accepted Version
Download (714Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (146Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (242Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (226Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (252Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (181Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (91Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (113Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (6Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Proses pembelajaran IPS di sekolah dasar hanya menonjolkan kemampuan kognitif saja. Kemampuan afektif dan psikomotorik siswa jarang diperhatikan guru. Padahal ketiga aspek tersebut berkaitan satu sama lain dan erat kaitannya dengan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari proses pembelajaran yang berlangsung di MIN 1 Kudus. Aspek afektif dan psikomorik siswa kurang diperhatikan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan afektif dan psikomotorik siswa kelas IV MIN Kudus pada mata pelajaran IPS dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching?”. Manfaat praktisnya yaitu bagi siswa, guru, sekolah, dan peneliti. Tujuan dari penelitian ini antara lain meningkatkan kemampuan afektif, psikomotorik, dan kognitif siswa kelas IV MIN Kudus pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Kemampuan afektif berkenaan dengan sikap yang terdiri dari lima aspek, yakni penerimaan, jawaban atau reaksi, penilaian, organisasi, dan internalisasi. Kemampuan psikomotorik berkenaan dengan hasil belajar keterampilan dan kemampuan bertindak. Quantum Teaching menciptakan lingkungan belajar yang efektif, dengan cara menggunakan unsur yang ada pada siswa dan lingkungan belajarnya melalui interaksi yang terjadi di dalam kelas. Hipotesis tindakan pada penelitian ini yakni kemampuan afektif dan psikomotorik siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model quantum teaching materi pada kenampakan alam dan hubungannya dengan keragaman sosial budaya pada siswa kelas IV MIN 1 Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV MIN 1 Kudus dengan subjek penelitian adalah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, studi dokumenter. Instrumen yang digunakan antara lain tes hasil belajar, lembar observasi, lembar kerja siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah quantum teaching. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan afektif dan psikomotorik siswa. Penilitan pada hasil belajar pada aspek kognitif dilihat dari hasil analisis data pra siklus sebesar 61,54%. Selanjutnya siklus I sebesar 84,62% dan siklus II mengalami ketuntasan sebesar 100%. Aspek afektif siklus I sebesar 2,01 kategori cukup baik, selanjutnya siklus II sebesar 2,71 kategori baik. Aspek psikomotor siklus I sebesar 2,39 dengan kategori cukup baik dan siklus II sebesar 2,60 dengan kategori sangat baik. Pada pegelolaan guru memperoleh kategori pembelajaran baik dengan persentase 2,8 pada siklus I. Siklus II pengelolaan pembelajaran guru memperoleh persentase sebesar 3,2 dengan kategori pembelajaran baik. Simpulan penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kenampakan alam serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya pada siswa kelas IV MIN 1 Kudus. Saran untuk siswa agar lebih menggali potensi yang dimilikinya, yang berguna baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Seharusnya guru lebih memiliki komitmen yang tinggi dalam menjalankan tugasnya dengan melaksanakan tugas pokok secara profesional, mengkaji dan menerapkan berbagai inovasi pembelajaran secara variatif sebagai upaya untuk meningkatkan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing I : Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd Pembimbing II : Aisyah Nur Sayidatun Nisa’, S.Pd, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Afektif, Psikomotorik, Model Quantum Teaching, IPS.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 05 May 2014 10:53
                    Last Modified: 05 May 2014 10:53
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2872

                    Actions (login required)

                    View Item