Analisis Pengaruh Kebijakan Campus Social Responsibility terhadap Kesejahteraan Masyarakat Sekitar (Studi Kasus Tiga Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya)

Baried, Alfi Baroro dan Septarini, Nisa dan Rahman, Wildan Izzatur (2012) Analisis Pengaruh Kebijakan Campus Social Responsibility terhadap Kesejahteraan Masyarakat Sekitar (Studi Kasus Tiga Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya). In: Prosiding Seminar & Konferensi nasional Manajemen Bisnis: memberdayakan UMKM dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat menghadapi persaingan global. Kudus, 26 Mei 2012. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus, Kudus, pp. 142-149. ISBN 978-602-99614-4-7

[img]
Tinjau ulang
PDF (Artikel) - Published Version
Download (1347Kb) | Tinjau ulang

    Abstrak

    Campus Social Resposibility merupakan perwujudan komitmen yang dibangun oleh perguruan tinggi untuk memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. Perguruan tinggi di Indonesia bertugas menyelenggaraan tanggung jawab sosial yang disinergikan dengan penerapan Tri Dharma perguruan tinggi ketiga yaitu pengabdian pada masyarakat. Salah satu wujud pengabdian pada masyarakat di perguruan tinggi adalah pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Usaha peningkatan tersebut dilakukan dengan menyediakan bantuan dana, peningkatan sumber daya manusia, serta memberikan akses pada para pelaku UMKM yang produktif untuk pengembangan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kebijakan dan tingkat kepedulian sosial perguruan tinggi negeri di Surabaya terhadap pengelolaan sektor UMKM di sekitar kampus sebagai wujud tanggung jawab sosial. Metode yang digunakan adalah analisis deskrptif, yaitu metode yang menggunakan pengujian secara jelas mengenai objek penelitian dan menarik kesimpulan berdasarkan hasil yang diteliti. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa perguruan tinggi negeri di Surabaya sudah menerapkan program Coorporate Social Responsibility namun masih ada yang belum dijadikan sebagai kebijakan. Kebijakan CSR di perguruan tinggi negeri di Surabaya memiliki pengaruh bagi pengelolaan sektor UMKM sebagai wujud Campus Social Responsibility dan penerapan Tri Dharma ketiga yaitu pengabdian pada masyarakat.

    Tipe dokumen: Bagian dari buku dan sejenisnya
    Uncontrolled Keywords: Campus Social Responsibility, Kebijakan Perguruan Tinggi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sekitar perguruan tinggi negeri di Surabaya.
    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan sarjana
    Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Disiplin & manajemen sekolah
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Magister Manajemen (S2)
    Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
    Tanggal Deposit: 26 May 2012 11:10
    Last Modified: 26 May 2012 11:10
    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/293

    Actions (login required)

    View Item