PENERAPAN KONSELING REALITA UNTUK MENGATASI SISWA YANG MENGALAMI DEPRESI DI SDN MAITAN 03 TAMBAKROMO-PATI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Ismanto, Yaya Agung (2014) PENERAPAN KONSELING REALITA UNTUK MENGATASI SISWA YANG MENGALAMI DEPRESI DI SDN MAITAN 03 TAMBAKROMO-PATI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (400kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (314kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (312kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (427kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Di jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) orang tua siswa pasti menginginkan anaknya menjadi yang paling baik, paling pintar dari teman-temannya di Sekolah Dasar tersebut. Orang tua siswa pasti berusaha bagaimana agar anaknya menjadi yang paling pintar. Anaknya pasti akan di carikan tempat les yang baik agar anaknya tambah pintar, padahal di sekolah sudah ada les, selain itu anaknya pasti juga dicarikan kegiatan-kegiatan ekstra di luar sekolah, seperti melukis, nyanyi, music, nari. Terlalu banyak kegiatan di sekolah maupun di luar sekolah, anak hampir tidak mempunyai waktu untuk bermain, kadang ada orang tua yang melarang anaknya untuk bermain, anak di suruh belajar terus, orang tua memaksa anaknya jika tidak mendapatkan nilai baik, orang tuanya marah-marah, apalagi kalau tidak naik kelas, orang tuanya pasti akan tambah marah-marah, padahal kecerdasan anak berbeda-beda, ada yang tinggi, sedang, rendah, dengan keadaan tersebut anak akan merasa tertekan, sehingga mengakibatkan anak lelah, stress berkepanjangan yang bisa mengakibatkan anak depresi karena takut dimarahi orang tuanya. Di SD N Maitan 03 Tambakromo-Pati terdapat dua siswa yang mengalami depresi. Maka dari itu perlu adanya suatu penanganan khusus terhadap siswa yang mengalami masalah depresi. Untuk membantu mengatasi siswa yang mengalami depresi dapat diberikan layanan konseling individu dengan konseling Realita. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah konseling realita dapat mengatasi siswa yang mengalami depresi di DN Maitan 03 Tambakromo-Pati Tahun Pelajaran 2013/2014?”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1. Menemukan penyebab siswa yang mengalami depresi. 2. Mengatasi siswa yang mengalami depresi dengan konseling realita. Penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan subyek penelitian yaitu dua siswa yang mengalami masalah depresi, yaitu DS dan MNS. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan kunjungan rumah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor penyebab siswa mengalami depresi dan penerapan konseling realita dari kedua konseli yaitu: 1. Konseli DS : 1) Faktor penyebab DS mengalami depresi adalah karena kurang perhatian orang tua, orang tuanya bercerai, malu sama teman-temannya; 2) Perilaku yang ingin diubah yaitu sikap DS yang sering melamun dan tidak memperhatikan guru saat proses belajar pembelajaran di dalam kelas dan tidak mau bermain dengan teman-temannya. 3) Efektifitas konseling realita dapat kita lihat dari hasil akhir konseling yaitu setelah dilaksanakan konseling sebanyak tiga kali dengan menerapkan konseling realita, DS lebih sering belajar, membiasakan mengerjakan tugas, mulai berani bertanya pada guru di kelas, sering memperhatikan guru dan tidak lagi melamun di dalam kelas,sudah tidak malu dan sudah mau bermain dengan teman-temannya. 2. Konseli MNS: 1) Faktor penyebab MNS mengalami depresi adalah: terlalu dikekang oleh orang tuanya; 2) Perilaku yang ingin diubah yaitu sikap MNS yang sering kurang memperhatikan guru, melamun, dan bingung dengan sendirinya; 3) Efektifitas konseling realita dapat kita lihat dari hasil akhir konseling yaitu: setelah dilaksanakan konseling sebanyak tiga kali dengan menerapkan konseling realita, MNSsudah tidak sering melamun, sudah tidak bingung, dan sudah tidak mengurungkan diri dikamar. Berdasarkan kesimpulan diatas peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah: perlu diadakan pertemuan secara periodik dengan guru kelas dan guru mata pelajaran untuk membahas permasalahan siswa, 2. Wali Kelas: 1) Selalu memantau perkembangan siswa baik perkembangan akademik maupun perkembangan tingkah laku; 2) Membantu mengatasi siswa yang mengalami depresi agar siswa bisa mencapai prestasi belajar yang maksimal; 3) Mengadakan diskusi tentang hal-hal yang berhubungan dengan permasalahan siswa yang ditemukan dalam pembelajaran serta berusaha membicarakan cara pemecahannya. 3. Orang tua: 1) Selalu memperhatikan perkembangan akademik serta tingkah laku anak setiap hari tapi tidak terlalu mengekang anaknya; 2) Memberikan perhatian yang positif terhadap anak; 3) Menjalin kerja sama dengan sekolah dengan cara saling memberikan informasi mengenai perkembangannya baik di rumah maupun di sekolah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Sutarti, SE,MM
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendekatan Konseling Realita, Depresi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 10 May 2014 04:51
Last Modified: 10 May 2014 04:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2948

Actions (login required)

View Item View Item