MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM KEGIATAN BERMAIN MELALUI INFUSI BIMBINGAN PADA SISWA KELOMPOK BERMAIN AN-NUR PURWOSARI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Agustina, Dyah Candra (2014) MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM KEGIATAN BERMAIN MELALUI INFUSI BIMBINGAN PADA SISWA KELOMPOK BERMAIN AN-NUR PURWOSARI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (439Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (37Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (195Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (157Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (369Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (84Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (73Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (70Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (1218Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Berdasarkan dari pengamatan, kondisi kreativitas pada kegiatan bermain siswa kelompok bermain AN-NUR sangatlah kurang. Dilihat dari hasil kegiatan semester satu anak masih kurang kreatif, 75% siswa masih memerlukan bantuan ibu guru. Yang menjadi penyebab kurang kreativitasnya siswa kelompok bermain AN-NUR dalam kegiatan bermain yaitu siswa selalu monoton dengan contoh yang diberikan guru. Rumusan masalah: 1) Apakah kegiatan bermain dengan infusi bimbingan mampu meningkatkan kreativitas bermain? 2) Seberapa besar kreativitas siswa setelah pemberian infusi bimbingan dalam kegiatan bermain? Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan tingkat kreativitas siswa sebelum dan sesudah dilakukan infusi bimbingan. 2) Diperolehnya peningkatan kreativitas siswa dalam kegiatan bermain melalui infusi bimbingan. Kegunaan Penelitian: 1) Kegunaan Teoritis, diharapkan dapat berguna bagi ilmu pengetahuan. 2) Kegunaan praktis. a) Bagi Kepala Sekolah, Memberikan kebijakan dalam usaha perbaikan kegiatan bermain untuk siswa. b) Bagi Guru, Dapat dijadikan sebagai acuan akan pentingnya kreativitas yang harus dimiliki siswa. c) Bagi siswa, Memberi motifasi kepada siswa bahwa bermain itu sangat menyenangkan. Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas maka hipotesis yang peneliti kemukakan adalah : Ada peningkatan kreativitas pada siswa KB AN-NUR setelah melakukan kegiatan bermain melalui infusi bimbingan. Bermain adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan atau tanpa mempergunakan alat yang menghasilkan pengertian atau memberikan informasi, memberikan kesenangan, maupun mengembangakan imajinasi pada siswa. Tujuan kegiatan bermain adalah sebagai sarana untuk pemberian bimbingan kepada siswa agat mampu meningkatkan kreativitasnya sehingga siswa berkembang sesuai tingkat perkembangannya. Kreativitas: suatu kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan suatu kegiatan atau gagasan yang sudah dimiliki maupun gagasan yang baru sehingga berkembang sesuai imajinasi. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kreativitas Dalam Kegiatan Bermain: 1) Faktor sosial, terdapat di luar individu. 2) Faktor Individual, terdapat pada masing-masing individu. Peneliti meningkatkan kreativitas pada siswa Kelompok Bermain AN-NUR dengan melakukan penelitian tindakan kelas dengan infusi bimbingan pada kegiatan bermain pada siklus I Melakukan permainan di dalam kelas dengan bermain balok. Siklus II, Melakukan permainan menggambar bebas di dalam kelas berdasarkan rencana kegiatan harian Bentuk penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian 29 siswa terdiri dari 20 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Sumber data meliputi: 1) Guru, sebagai pelaksana dalam menerapkan kegiatan bermain. 2) Siswa, subjek dari penelitian yang akan diteliti keberhasilannya dalam penerapanan infusi bimbingan dalam kegiatan bermain. Metode pengambilan data yang digunakan observasi dan dekumentasi. Hasil penelitian: Sebelum pemberian infusi bimbingan tingkat kreativitas siswa dalam kegiatan bermain sangat kurang mampu, terlihat dari hasil kegiatan cuma 8 siswa saja yang mampu berkreaivitas. Dilanjutkan siklus I dengan hasil tingkat keaktifan siswa baru mencapai 10 siswa atau 35% dari jumlah siswa, ini berarti belum mencapai hasil yang diharapkan karena seorang peneliti masih belum terbiasa dengan pemberian infusi bimbingan pada kegiatan bermain. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan pada siklus II yang mendapatkan hasil keaktifan siswa dalam kategori baik, hal ini terlihat pada antusias siswa, keterampilan bertanya, keterampilan menceritakan kembali hasil karyanya secara individual sudah tercapai 20 siswa atau 77% dari jumlah siswa, Dikarenakan seorang peneliti mulai terampil dalam memberikan bimbingan dalam kegiatan bermain. Saran: 1) Bagi kepala sekolah, untuk menambah sarana dan prasarana penunjang kegiatan bermain siswa. 2) Pendidik, a) Menyelenggarakan kegiatan bermain yang menyenangkan. b) Menaruh perhatian kepada siswa terutama tingkat kreativitasnya. c) Memberi pembaharuan dalam kegiatan pembelajar. d) Memahami arti bimbingan serta manfaat bagi perkembangan siswa. e) Guru dapat membimbing siswa melakukan permainan untuk menciptakan suasana yang aktif, kreatif dan menyenangkan. 3) Siswa, a) Agar mau mengikuti kegiatan bermain yang diselenggarakan oleh guru. b) Siswa jangan merasa ragu-ragu dalam menuangkan kreasi saat kegiatan bermain. 4) Bagi Orang tua, hendaknya dapat bekerjasama memberikan fasilitas yang dapat mendorong dan membantu mengembangkan kreativitas siswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Drs. Arista Kiswantoro, M. Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kreativitas dalam kegiatan bermain, Infusi Bimbingan.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 10 May 2014 14:41
                    Last Modified: 10 May 2014 14:41
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2954

                    Actions (login required)

                    View Item