UPAYAMENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA SISWA KELAS V SD 2 PANJUNAN KUDUS TAHUN 2013/2014

Rahmawati, Amalia Ulfa (2014) UPAYAMENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA SISWA KELAS V SD 2 PANJUNAN KUDUS TAHUN 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
PDF (Halaman Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
bab_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (62kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa kelas V mempunyai kemandirian belajar yang rendah seperti belum mampu berfikir secara kritis, kreatif dan inovatif, mudah terpengaruh oleh pendapat orang lain, tidak bisa memecahkan masalah dengan berpikir yang mendalam, masih meminta bantuan orang lain , merasa rendah diri apabila harus berbedadengan orang lain, tidak mau berusaha dengan penuh ketekunan dan kedisiplinan , tidak bertanggung jawab atas tindakannya sendiri. Permasalahan yang akan diteliti: Apakah layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kemandirian belajarpada siswa kelas V SD 2 Panjunan kudus Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan faktor- faktor kemandirian belajar yang kurang, dapat menemukan seberapa besar peningkatan kemandirian belajar siswa yang dilakukan peneliti melalui layanan penguasaan konten siswa kelas V SD 2 Panjunan Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritik: Hasil penelitian ini diharapkan dapat melengkapi referensi yang telah ada, sehingga dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pengetehuan disekolah khususnya dalam bidang bimbingan dan konseling, serta sebagai bahan acuan untuk penelitian yang lebih lanjut lagi.2. Kegunaan Praktis: Bagi Kepala Sekolah dapat digunakan sebagai dasar atau pertimbanagan dalam menentukan belajar yang mendukung adanaya progam bimbingan dan konseling di sekolah.2.dapat digunakan oleh guru pembimbing untuk dijadikan bahan acuan atau panduan ilmiah untuk menentukan membantu yang mengalami masalah kemandirian belajar. 3. Bagi Siswa, Meningkatnya kemandirian belajar yang positif di dalam diri siswa, sehingga prestasi demi prestasi dapat di ciptakan dan proses belajar sehari-hari dapat berjalan sesuai yang diharapkan.Untuk dijadikan bahan kajian peneliti berikutnya. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Melalui layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas V SD 2 PPanjunan Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014.” Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas V, sebanyak 12 siswa yang kemandirian belajarnya rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: layanan penguasaan konten(variabel bebas) dan kemandirian belajar (variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi.Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan layanan penguasaan konten dengan kemandirian belajarsiswa rendah dan masuk dalam kategori kurang dengan hasil rata-rata 33,8%. Setelah diberi layanan penguasaan kontenpada sikus I pertemuan pertama kemandirian belajar siswa belum ada peningkatan, pada pertemuan kedua meningkat menjadi 35,3% dengan kategori kurang, pada pertemuan ketiga kemandirian belajar siswa meningkat menjadi 43,7% dengan kategori kurang. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama kemandirian belajar siswa meningkat menjadi 50,3% dengan kategori cukup, pada pertemuan kedua kemandirian belajar siswa memperoleh peningkatan menjadi 53,3% dengan kategori cukup, pada pertemuan ketiga kemandirian belajar siswa memperoleh peningkatan menjadi 74,8% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan layanan penguasaan kontendapat meningkatkan kemandirian belajar siswa pada kelas V SD 2 Panjunan Kudus . Kesimpulan penelitian ini adalah layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas V SD 2 Panjunan Kudus.Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya.Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1.Kepada Kepala sekolah pelaksanaan pelayanan konten terhadap siswa dapat dijadikan sebagai kegiatan wajib, khususnya untuk siswa-siswa kelas 4-5 yang akan mengikuti ujian, untuk memotivasi tumbuhnya kemandirian belajar, sehingga tidak terjadi ketergantungan pada pihak sekolah atau guru saja..2.Kepada Konselor Diharapkan agar konselor sekolah memberikan layanan penguasaan konten berkaitan dengan kemandirian belajar siswa secara intensif dan pemberian layanan penguasaan konten sesuai dengan kebutuhan siswa agar potensi siswa dapat berkembang secara optimal.3.Kepada Siswa Diharapkan siswa memiliki kemandirian yang tinggi dalam mengikuti setiap kegiatan pembelajaran agar siswa mampu mencapai prestasi yang diharapkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Drs. Sunardi
Kata Kunci: Kata Kunci: Kemandirian Belajar: Layanan Penguasaan Konten.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 May 2014 08:07
Last Modified: 10 May 2014 08:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2959

Actions (login required)

View Item View Item