nisa', choirun (2014) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD 5 LORAM KULON KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (HALAMAN JUDUL)
01.HALAMAN_AWAL.pdf - Accepted Version Download (766kB) |
PDF (BAB I)
02.BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB II)
03.BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (471kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
04.BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (679kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
05.BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (682kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
06.BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB VI)
07.BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (29kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (230kB) |
PDF (LAMPIRAN)
09.LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Microsoft PowerPoint (PRESENTASI)
04.UJIAN_SKRIPSI.pptx - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (482kB) | Request a copy |
Abstrak
Salah satu permasalahan yang dialami oleh siswa kelas IV SD 5 Loram Kulon adalah rendahnya hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil observasi terhadap hasil belajar matematika menujukkan bahwa lebih dari 50% siswa belum tuntas dari kriteria ketuntasan minimal. Dari permasalahan tersebut maka diadakan perbaikan dengan menggunakan metode penemuan terbimbing. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan metode penemuan terbimbing pada materi bangun datar segitiga dan jajargenjang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 5 Loram Kulon tahun 2013/2014? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 5 Loram Kulon dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan metode penemuan terbimbing pada materi bangun datar segitiga dan jajargenjang tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Prosedur penelitian masing-masing siklus dilakukan melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklusnya dilakukan 2 kali pertemuan. Pada siklus I dilakukan pada 28 dan 30 November 2013 dan pada siklus II dilakukan pada tanggal 2 dan 4 Desember 2013. Subjek penelitian berjumlah 17 siswa, terdiri dari 7 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes, adapun alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar wawancara, instrumen soal dan lembar observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini meliputi hasil belajar siswa tuntas dengan persentase siklus I sebesar 59% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 76%. Sedangkan aktivitas belajar siswa diperoleh 2,6 pada siklus I dengan kategori baik dan meningkat menjadi 3,01 pada siklus II dengan kategori baik. Aktivitas mengajar guru dengan menggunakan metode penemuan terbimbing diperoleh 2,92 pada siklus I dan meningkat menjadi 3,2 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD 5 Loram Kulon. Saran peneliti yaitu setiap kegiatan yang dilakukan siswa hendaknya diperhatikan agar tidak menyimpang dari langkah-langkah metode penemuan terbimbing.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Kata Kunci: | Metode penemuan terbimbing, hasil belajar matematika, bangun datar. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 19 Jul 2014 05:07 |
Last Modified: | 19 Jul 2014 05:07 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3115 |
Actions (login required)
View Item |