PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA PADA SISWA KELAS V SDN 1 GETASSRABI TAHUN AJARAN 2013/2014

kholis, ahmad nur (2014) PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA PADA SISWA KELAS V SDN 1 GETASSRABI TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN JUDUL) - Accepted Version
Download (192Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (53Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (633Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (188Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2628Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (61Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (24Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (27Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3254Kb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (PRESENTASI) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (197Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Latar belakang yang mendasari dilaksanakannya penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Getassrabi. Rendahnya hasil belajar siswa dapat dilihat dari pencapaian nilai UTS IPA siswa kelas V tahun ajaran 2013/ 2014 masih dibawah nilai KKM yang ditentukan. Dari 20 siswa terdapat 6 siswa (30%) yang tuntas dan 14 siswa (70%) belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 58,25. Sedangkan untuk KKM yang ditentukan adalah ketuntasan klasikal siswa mencapai 70% dengan nilai rata-rata kelas ≥ 65. Dari observasi yang dilakukan rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode mengajar yang bersifat konvensional. pembelajaran yang demikian menyebabkan kurangnya minat siswa pada mata pelajaran IPA dan siswa cenderung bersikap pasif selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Langkah yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapan metode inkuiri pengalaman sains terstruktur pada pembelajaran IPA materi gaya. Dengan metode inkuiri pengalaman sains terstruktur diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah: “Bagaimana penerapan metode inkuiri pengalaman sains terstruktur untuk meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa pada materi gaya kelas V SDN 1 Getassrabi kecamatan Gebog kabupaten Kudus ?”. Tujuan penelitian ini adalah: “Mendeskripsikan penerapan metode inkuiri pengalaman sains terstruktur yang menunjukkan angka peningkatan pada hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas V SDN 1 Getassrabi pada materi gaya”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh meliputi data hasil belajar kognitif, aktivitas siswa yang mencakup afektif dan psikomotorik serta pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Data yang dianalisis secara kuantitatif yaitu tes hasil belajar siswa. Data yang dianalisis secara kualitatif yaitu data non tes hasil pengamatan aktivitas belajar siswa dan pengelolaan pembelajaran oleh guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri pengalaman sains terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya pada siswa kelas V SDN 1 Getassrabi. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa dari tahap prasiklus sampai siklus II. Hasil belajar kognitif siswa pada prasiklus menunjukan nilai rata-rata kelas sebesar 58,25, dengan ketuntasan klasikal mencapai 6 siswa (30%). Pada siklus I rata-rata nilai kelas meningkat menjadi 63,7, dengan ketuntasan klasikal mencapai 12 siswa (60%). Pada siklus II rata-rata nilai kelas meningkat menjadi 70,25 dengan ketuntasan klasikal mencapai 15 siswa (75%). Untuk peningkatan pada hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa ditunjukkan dengan membaiknya aktivitas belajar siswa dari siklus I sampai siklus II. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 65,55% (cukup), meningkat menjadi 71,25% (baik) pada siklus II. sedangkan untuk peningkatan pengelolaan pembelajaran oleh guru ditunjukan dari hasil penilaian aktivitas mengajar guru selama proses pembelajaran. Pada siklus I perolehan aktivitas mengajar guru mencapai 75% masuk dalam kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 87% masuk dalam kategori sangat baik. Simpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan metode Inkuiri pengalaman sains terstruktur dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Getassrabi pada mata pelajaran IPA materi gaya. Saran dalam penelitian ini diharapkan para peneliti lain dapat mengembangkan pembelajaran menggunakan metode inkuiri menjadi lebih efektif lagi yaitu dengan memadukan inkuiri dan metode lain yang sesuai. Tentunya dengan memperhatikan sintak pembelajaran dan memperhatikan karakteristik mata pelajaran atau jenis materi yang akan diajarkan.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Uncontrolled Keywords: Metode Inkuiri Pengalaman Sains Terstruktur, Hasil Belajar IPA
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 19 Jul 2014 12:50
                      Last Modified: 19 Jul 2014 12:50
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3117

                      Actions (login required)

                      View Item