PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA PADA SISWA KELAS V SEMESTER 2 SDN 7 HADIPOLO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

vidiawati, eva (2014) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA PADA SISWA KELAS V SEMESTER 2 SDN 7 HADIPOLO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN JUDUL) - Accepted Version
Download (876kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (370kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (348kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (325kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (143kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (149kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (15MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (PRESENTASI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (603kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi temuan hasil belajar PKn yang rendah pada siswa kelas V SDN 7 Hadipolo. Hal ini disebabkan pembelajaran PKn yang dilakukan guru masih pembelajaran langsung. Solusi pemecahan masalah tersebut, maka diterapkannya model Think Pair Share yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat suatu informasi dan seorang siswa juga dapat belajar dari siswa lain. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya model pembelajaran TPS dalam pembelajaran PKn materi keputusan bersama kelas V semester 2 SDN 7 Hadipolo, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa dengan diterapkannya model pembelajaran TPS dalam pembelajaran PKn materi keputusan bersama kelas V semester 2 SDN 7 Hadipolo, dan (3) menemukan peningkatan hasil belajar dengan diterapkannya model pembelajaran TPS dalam pembelajaran PKn materi keputusan bersama pada siswa kelas V semester 2 SDN 7 Hadipolo. Model TPS merupakan salah satu teknik pembelajaran kooperatif yang mengutamakan adanya kerjasama antar siswa dalam kelompok dengan langkah-langkah yaitu: (1) berpikir, (2) berpasangan, dan (3) berbagi. Materi pembelajaran dalam penelitian ini adalah keputusan bersama. Keputusan bersama adalah keputusan yang dibuat oleh seluruh anggota kelompok berdasarkan pemahaman dan kesadaran serta telah melalui pemikiran dan pertimbangan yang matang. Model pembelajaran TPS sesuai untuk pembelajaran PKn materi keputusan bersama. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan siswa kelas V SDN 7 Hadipolo yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran mencapai persentase 81,66% dengan kategori “sangat tinggi” dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 92,22% dengan kategori “sangat tinggi”. Aktivitas siswa individu pada siklus I mencapai persentase 76,56% dengan kategori “tinggi” dan pada siklus II meningkat menjadi 85,72% dengan kategori “sangat tinggi”. Aktivitas siswa kelompok pada siklus I mencapai persentase 79,37% dengan kategori “tinggi” dan pada siklus II meningkat menjadi 90,42% dengan kategori “sangat tinggi”. Hasil belajar siswa siklus I mencapai persentase 72% dengan kategori “baik” dan siklus II meningkat menjadi 92% dengan kategori “sangat baik”. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar PKn materi keputusan bersama pada siswa kelas V SDN 7 Hadipolo Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Saran untuk guru, diharapkan model TPS dapat menjadi referensi dalam meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa. Saran untuk siswa, Diharapkan siswa bisa lebih aktif dalam pembelajaran, dapat menumbuhkan semangat kerjasamanya, peduli pada teman-temannya, meningkatkan rasa penerimaan terhadap siswa lain, dan saling membantu dalam belajar. Saran untuk sekolah, hendaknya menyediakan fasilitas dan sumber belajar yang memadai dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PKn, Think Pair Share (TPS), Keputusan Bersama.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 19 Jul 2014 06:21
Last Modified: 19 Jul 2014 06:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3118

Actions (login required)

View Item View Item