Rahmawati, Lufita Devi (2014) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Jaring-Jaring Bongkar Pasang dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD 2 Tumpangkrasak. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Halaman Judul)
Halaman_judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (22kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (165kB) |
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD 2 Tumpangkrasak. Dengan KKM 60, ketuntasanbelajarklasikalpada ulangan tengah semester I hanya 60,87% dan nilai rata-rata kelas 56,96. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakahpenerapan model pembelajaranproblem based learningberbantujaring-jaringbongkarpasangdapatmeningkatkanhasilbelajar, aktivitas belajarmatematikasiswa dan pengelolaan pembelajaran gurukelas V SD 2 Tumpangkrasak? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkanhasilbelajar, aktivitas belajarmatematikasiswa dan pengelolaan pembelajaran gurukelas V SD 2 Tumpangkrasak. Solusi permasalahan dari peneliti adalah dengan menerapkan model pembelajaranproblem based learningberbantujaring-jaringbongkarpasang. modelpembelajaranproblem based learningadalah model pembelajarandenganbelajarpenemuan yang menjadikanmasalahkontekstualsebagaidasaruntukmenemukanpengetahuanbaru.langkah-langkahdalamproblem based learning adalah (1) orientasisiswapadamasalahkontekstual, (2) mengorganisasisiswauntukbelajar, (3) membimbingpenyelidikanindividumaupunkelompok, (4) mengembangkandanmenyajikanhasilkarya, (5) menganalisisdanmengevaluasi proses pemecahanmasalah.Jaring-jaringbongkarpasangadalah media pembelajaranberasaldaribarangbekas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 2 siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Lokasi penelitian di SD 2 Tumpangkrasak, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD 2 Tumpangkrasak tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 23 orang, 7 siswalaki-lakidan 16 siswaperempuan.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanhasilbelajar, aktivitasbelajarmatematikasiswadanpengelolaanpembelajaran guru yang signifikan darisiklus I kesiklus II.Nilai rata-rata kelas meningkat dari 78,84 menjadi 86,96 denganketuntasanbelajarklasikaldari 73,91% menjadi 91,30%. Aktivitasbelajarmatematikasiswameningkat dari 2,83dengankriteriabaik menjadi 3,22 dengankriteriasangatbaik. Pengelolaanpembelajaran guru meningkat dari 3,65dengankriteriasangatbaik pada menjadi 3,78 dengankriteriasangatbaik. Jadipenelitianinisesuaidenganhipotesistindakanbahwa model pembelajaranproblem based learningberbantujaring-jaringbongkarpasangdapatmeningkatkanhasilbelajar, aktivitas belajarmatematikasiswa dan pengelolaan pembelajaran gurukelas V SD 2 Tumpangkrasak. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran problem based learning berbantu jaring-jaring bongkar pasang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian ini, guru sebaiknya menerapkan model pembelajaran problem based learning dan memilih media pembelajaran yang dapat mendukung dalam proses penemuan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing I : Drs. Masturi, M.M. Pembimbing II :Henry suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Problem Based Learning, Jaring-Jaring Bongkar Pasang, Hasil Belajar Matematika. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | asih winarti |
Date Deposited: | 16 Aug 2014 02:54 |
Last Modified: | 16 Aug 2014 02:54 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3139 |
Actions (login required)
View Item |