Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Siswa Kelas V SDN 1 Ngembal Kulon Tahun Pelajaran 2013/2014

Arliana, Nia Indri (2014) Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Siswa Kelas V SDN 1 Ngembal Kulon Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (753Kb)
    [img] PDF (Bab I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (197Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (319Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (356Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1038Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (185Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
              Download (113Kb)
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (162Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (39Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Ngembal Kulon. Permasalahan tersebut disebabkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) apakah terjadi peningkatan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN 1 Ngembal Kulon setelah diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together? 2) apakah terjadi peningkatan aktivitas siswa kelas V SDN 1 Ngembal Kulon setelah diterapkannya model pembelajaran Numbered Head Together pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia? 3) apakah terjadi peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaraan pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1) menemukan peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia 2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar IPS melalui model pembelajaran Numbered Head Together pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia 3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Hasil belajar IPS adalah perubahan kemampuan siswa berupa pencapaian hasil dari proses belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Numbered Head Together merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang melatih siswa untuk aktif belajar secara berkelompok dan berkomunikasi memecahkan masalah yang diberikan guru. Hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia, maka hasil belajar IPS siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas V SDN 1 Ngembal Kulon tahun pelajaran 2013/2014 meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain PTK Kemmis & Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Ngembal Kulon dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together pada pembelajaran IPS, dapat: (1) meningkatkan hasil belajar siswa, pada pra siklus menunjukkan nilai rata-rata 68,28 dengan ketuntasan klasikal 39%, siklus I menunjukkan rata-rata nilai sebesar 76,14 dengan ketuntasan klasikal 68%, pada siklus II hasil belajar IPS siswa menunjukkan peningkatan dengan rata-rata nilai sebesar 82,71 dan ketuntasan klasikal 89%, (2) hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, pada siklus I diperoleh persentase sebesar 60,13% dengan kriteria ”baik” dan meningkat pada siklus II menjadi 75,53% dengan kriteria “baik”, (3) hasil pengamatan pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I mendapat persentase sebesar 65,62% dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II menjadi 82,81% dengan kriteria “sangat baik.” Kesimpulan penelitian ini ialah hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, serta ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas V SDN 1 Ngembal Kulon dapat meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran Numbered Head Together. Adapun saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran IPS serta model pembelajaran Numbered Head Together dapat dijadikan alternatif solusi bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing I :dr. Murtono, M.Pd. Pembimbing II :Ika oktavianti, S.Pd., M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Numbered Head Together, hasil belajar IPS, proklamasi kemerdekaan Indonesia
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: asih winarti
                    Tanggal Deposit: 16 Aug 2014 10:26
                    Last Modified: 16 Aug 2014 10:26
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3146

                    Actions (login required)

                    View Item