PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERPUTAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 3 DEMAAN KECAMATAN KOTA KABUPATEN KUDUS

Ridwan, Bashar (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERPUTAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 3 DEMAAN KECAMATAN KOTA KABUPATEN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (630kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (268kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (331kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (199kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (427kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (110kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (115kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pelajaran bahasa Indonesia, terutama pada aspek menulis. Rendahnya hasil belajar siswa pelajaran bahasa Indonesia pada aspek menulis, dikarenakan siswa sulit mengungkapkan ide, gagasan dan pikirannya, takut salah dalam menulis, sehingga siswa tidak berani mencoba. Hal ini disebabkan (a) guru menggunakan metode ceramah, (b) siswa lebih banyak mendengarkan guru, (c) guru hanya menggunakan media gambar dari buku paket dan lks. Berdasarkan latar belakang masalah, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut, (1) bagaimana menerapkan model pembelajaran CIRC berbantuan media gambar berputar dalam peningkatan aktivitas belajar siswa dalam materi menulis narasi pada siswa kelas III SD Negeri 3 Demaan Kudus? (2) apa pengaruh penerapan model CIRC berbantuan media gambar berputar dalam peningkatan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas III SD Negeri 3 Demaan Kudus? (3) apa pengaruh penerapan model CIRC berbantuan media gambar berputar dalam peningkatan keterampilan mengajar guru pada materi menulis narasi pada siswa kelas III SD Negeri 3 Demaan Kudus? Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini, yakni (1) dapat mendeskripsikan model pembelajaran CIRC berbantuan media gambar berputar dalam peningkatan aktivitas belajar siswa dalam materi menulis narasi pada siswa kelas III SD Negeri 3 Demaan Kudus, (2) menjelaskan penerapan model CIRC berbantuan media gambar berputar dalam peningkatan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas III SD Negeri 3 Demaan Kudus, (3) menjelaskan penerapan model CIRC berbantuan media gambar berputar dalam peningkatan keterampilan mengajar guru pada materi menulis narasi pada siswa kelas III SD Negeri 3 Demaan Kudus. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, dengan mengadaptasi model Penelitian Tindakan Kelas oleh Kemmis, dan Mc. Taggart. Penelitian Tindakan Kelas ini, dilakukan melalui dua siklus. Tahapan dalam penelitian tindakan kelas ini, yakni (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian dalam Penelitian Tindakan Kelas ini, yakni kelas III SD Negeri 3 Demaan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus, dengan jumlah 52 siswa, terdiri dari 21 siswa laki-laki, dan 31 siswa perempuan, dan guru kelas III. Instrumen penilaian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini, yakni penilaian unjuk kerja menulis narasi. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini, mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Tahap prasiklus, persentase nilai siswa yang mencapai KKM 37,6%. Siklus I pertemuan I persentase nilai siswa yang mencapai KKM 46,2%. Siklus I pertemuan II persentase nilai siswa yang mencapai KKM 65%. Siklus II pertemuan I persentase nilai siswa yang mencapai KKM 85%. Siklus II pertemuan II persentase nilai siswa yang mencapai KKM 100%. Aktivitas belajar siswa secara individu, siklus I pertemuan I 13 siswa (25%) mendapat nilai K (Kurang), dan 39 siswa (75%) mendapat nilai C (Cukup). Siklus I pertemuan II 22 siswa (42%) mendapat nilai C (Cukup), dan 30 siswa (58%) mendapat nilai B (Baik). Siklus II pertemuan I 18 siswa (35%) mendapat nilai C (Cukup), 29 siswa (55%) mendapat nilai B (Baik), dan 5 siswa (10%) mendapat nilai A (Sangat Baik). Siklus II pertemuan II 19 siswa (36%) mendapat nilai B (Baik), dan 33 siswa (64%) mendapat nilai A (Sangat Baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan peneliti, dapat disimpulkan bahwa melalui model CIRC berbantuan media gambar berputar, dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas III SD Negeri 3 Demaan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Penerapan model pembelajaran CIRC berbantuan media gambar berputar ini, diharapkan dapat mengatasi permasalahan siswa dalam proses pembelajaran, terutama pada aspek keterampilan membaca dan menulis.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I:Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd Pembimbing II :Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Cooperative Integrated Reading and CompositionModel, Narrative WritingSkills
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: asih winarti
Tanggal Deposit: 16 Aug 2014 04:37
Last Modified: 16 Aug 2014 04:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3149

Actions (login required)

View Item View Item