Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD 4 Lau Dawe Kudus

Sukirno, - (2014) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD 4 Lau Dawe Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (587kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (101kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (389kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (119kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (28kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (26kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD 4 Lau Dawe Kudus yang diperoleh dari hasil nilai ulangan harian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah guru dalam mengelola pembelajaran dengan model Numbered Head Together dalam materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di SD 4 Lau? (2) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam belajar dengan penerapan model pembalajaran Numbered Head Together dalam materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di SD 4 Lau? (3) Bagaimanakah model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di SD 4 Lau? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya model pembelajaran Numbered Head Together dalam materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di SD 4 Lau. (2) Mendeskripsikan aktivitas siswa dalam belajar dengan diterapkannya model pembelajaran numbered head together dalam materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di SD 4 Lau. (3) Menemukan peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Numbered Head Together dalam materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di SD 4 Lau. Model pembelajaran Numbered Head Together merupakan model pembelajaran secara kelompok dengan setiap siswa dalam kelompok akan diberi nomor. Setelah itu setiap guru akan memberikan pertanyaan kepada setiap kelompok untuk didiskusikan. Kemudian guru akan memanggil nomor secara acak dan siswa yang nomornya dipanggil dari setiap kelompok maju ke depan kelas dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar. Perolehan aspek-aspek perubahan perilaku tersebut tergantung pada apa yang dipelajari oleh pembelajar. yaitu: ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik. Subjek penilitian ini adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas IV SD 4 Lau dengan jumlah siswa sebanyak 17 siswa dengan perincian, 11 siswa putra dan 6 siswa putri. Variabel dalam penelitian ini adalah (1) variabel terikat yaitu hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. (2) Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Together. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar setiap akhir siklus, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengajar dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Numbered Head Together pada mata pelajaran IPS, dapat: (1) meningkatkan hasil belajar siswa pada pra siklus nilai rata-rata kelas adalah 67,65 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 58,82%, pada siklus I nilai rata-rata kelas adalah 73,82 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 70,59%, pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 80,29 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 82,35%. (2) hasil pengamatan aktivitas siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model Numbered Head Together pada mata pelajaran IPS mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, pada siklus I skor rata-rata aktivitas belajar siswa yang diperoleh adalah 71,32% dengan kriteria tinggi, pada siklus II skor rata-rata aktivitas belajar siswa yang diperoleh adalah 80,74% dengan kriteria sangat tinggi. (3) hasil pengamatan keterampilan guru dalam mengajar dengan menggunakan model Numbered Head Together pada mata pelajaran IPS mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, pada siklus I adalah 76,57% dengan kriteria tinggi, pada siklus II adalah 83,59% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penilitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD 4 Lau Dawe Kudus pada mata pelajaran IPS dapat meningkat setelah diterapakannya model pembelajaran Numbered Head Together. Adapun saran yang diberikan kepada guru, sebaiknya guru menerapkan pembelajaran Numbered Head Together pada mata pelajaran IPS. Saran yang diberikan kepada siswa, sebaiknya siswa dalam pembelajaran mengikuti perintah yang diberikan oleh guru. Saran yang diberikan kepada sekolah, memberikan masukan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran yang inovatif. Saran yang diberikan kepada peneliti lain dalam melaksanakan penelitian peneliti harus mempersiapkan secara maksimal mulai dari rencana pelaksanaan pembelajaran dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data pada saat penelitian, sehingga pada saat pelaksanaan penelitian akan berjalan dengan lancar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I:Drs.Murtono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Numbered Head Together dan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: asih winarti
Tanggal Deposit: 16 Aug 2014 04:46
Last Modified: 16 Aug 2014 04:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3150

Actions (login required)

View Item View Item