PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE BERBANTUAN AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SD 2 SIDOREKSO KUDUS

Fadhoil, Ulil (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE BERBANTUAN AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SD 2 SIDOREKSO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (542Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (300Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (509Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (409Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1378Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (327Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab Vi) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (267Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (285Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (6Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berbahasa pada aspek menulis pada siswa kelas V SD 2 Sidorekso Kudus. Hasil wawancara dengan guru kelas V didapatkan informasi bahwa menulis puisi merupakan salah satu pokok bahasan yang dianggap sulit di semester 2. Pemilihan kata atau diksi, merupakan salah satu faktor penyebab rendahnya keterampilan siswa dalam menulis puisi. Hal ini disebabkan karena kurangnya perbendaharaan kata yang dimiliki siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah penelitian ini (1) apakah penggunaan pendekatan whole language dan audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SD 2 Sidorekso Kudus dalam pembelajaran bahasa Indonesia? (2) Bagaimanakah keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menulis puisi dengan diterapkannya pendekatan whole language berbantuan audiovisual? (3) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan diterapkannya pendekatan whole language berbantuan audiovisual? Berdasarkan latarbelakang tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan pendekatan whole language berbantuan audiovisual pada siswa kelas V SD 2 Sidorekso Kudus. Pendekatan whole language merupakan suatu pendekatan untuk mempelajari bahasa secara keseluruhan yakni, menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dengan pendekatan ini siswa belajar secara aktif mulai dari menyimak puisi yang dibacakan guru, berdiskusi tentang puisi, membaca puisi, dan akhirya dapat menulis puisi dengan bantuan audiovisual. Media audiovisual berfungsi untuk memudahkan siswa dalam berimajinasi, karena sifat dari audiovisual mengkonkretkan yang abstrak, sehingga siswa menemukan inspirasi berkata-kata yang akan dituangkan dalam bentuk tulisan. Hipotesis tindakan yang diajukan yaitu keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya pendekatan whloe language berbantuan audiovisual pada siswa kelas V SD 2 Sidorekso Kudus dapat meningkat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Sidorekso Kudus dengan subjek penelitian 23 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan whole language berbantuan audiovisual, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD 2 Sidorekso Kudus. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dari tindakan selanjutnya dianalisisi secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan whole language berbantuan audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) persentase ketuntasan belajar klasikal pada tes keterampilan menulis puisi siklus I 69,57% meningkat menjadi 91,3% pada tes keterampilan menulis puisi siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I 63,91 menjadi 77,17 pada siklus II, (2) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menulis puisi pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 88,56 dengan kriteria “sangat tinggi” dan meningkat pada siklus II menjadi 95,83 dengan kriteria “sangat tinggi”, dan (3) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 66,37 dengan kriteria “tinggi” meningkat pada siklus II menjadi 82,34 dengan kriteria “sangat tinggi”. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan pendekatan whole language berbantuan audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa kelas V SD 2 Sidorekso Kudus. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menerapkan pendekatan whole language dalam meningkatkan keterampilan menulis pada pembelajaran bahasa Indonesia dan guru harus kreatif membuat media agar pembelajaran lebih menyenangkan dan membantu siswa dalam proses belajar. Bagi siswa, hendak memiliki kebiasaan belajar yang baik sehingga pembelajaran lebih bermakna. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan mampu memicu berkembangnya penelitian-penelitian lain yang lebih kreatif dan inovatif, khususnya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing I: Dr. Murtono, M.Pd. Pembimbing II :Mila Roysa, S.Pd., M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis Puisi, Whole Language, Audiovisual
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: asih winarti
                    Tanggal Deposit: 18 Aug 2014 09:48
                    Last Modified: 18 Aug 2014 10:01
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3173

                    Actions (login required)

                    View Item