PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI KEGIATAN EKONOMI SISWA KELAS IV SD 3 WATES TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Khoiriyah, Ziaul (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI KEGIATAN EKONOMI SISWA KELAS IV SD 3 WATES TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (819kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (435kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (604kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (216kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (155kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (156kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitianinidilatarbelakangiolehrendahnya hasilbelajar IPS siswakelas IV di SD 3 WatesUndaan Kudus.Rendahnyahasilbelajarsiswadikarenakanpembelajaranmasihberpusatpada guru.Oleh sebab itu, penerapan modelContextual Teaching and Learning (CTL)diharapkandapatmeningkatkanhasilbelajar IPS siswa. Adapun rumusanmasalahpadapenelitianiniadalahbagaimanakahpeningkatanaktivitassiswa, peningkatkanhasilbelajarsiswa, sertaketerampilan guru mengelolapembelajaranmelaluipenerapanModel Pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL)padamatapelajaran IPS materiKegiatanEkonomipadasiswakelas IV SD 3 WatesUndaan Kudus. Tujuandilaksanakanpenelitianiniadalah (1) mendeskripsikanpeningkatanaktivitassiswamateriKegiatanEkonomipadasiswakelas IV SD 3 WatesUndaan Kudus, (2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswamateriKegiatanEkonomipadasiswakelas IV SD 3 WatesUndaan Kudus, dan (3) mendeskripsikanketerampilan guru dalammengelolapembelajaranpadasiswakelas IV SD 3 WatesUndaan Kudus. IPS merupakanintegrasidariberbagaicabangilmu-ilmusosialsepertigeografi, sejarah, ekonomi, sosiologi, antropologidansebagainya yang disajikansecarapsikologisuntukkepentinganpendidikan.Selainitujugafokusdalammengkajiberbagaiaktivitasmanusiadalamberbagaidimensikehidupan social. Model pembelajaranContextual Teaching and Learning (CTL)adalahkonsepbelajar yang membantu guru dalam proses pembelajarandenganadanyaketerkaitanantaramateri yang diajarkandengansituasidunianyatasiswasehinggamendorongsiswamembuathubunganantarapengetahuan yang dimilikinyadenganpenerapandalamkehidupansehari-hari. Penelitianini merupakanPenelitianTindakanKelas (PTK) yang menerapkan dua siklus dengan model pembelajaranContextual Teaching and Learning (CTL). Adapun desain PTK ini menggunakan desain Stephen Kemmisdan Robin Mc Taggart denganlangkah yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaantindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Mengenai metodepengumpulan data menggunakanobservasi, tes, wawancaradandokumentasi. Teknikanalisis data yang digunakan meliputi teknik kualitatifdankuantitatif Hasilpenelitianpada siklus I menunjukan aktivitassiswasiklus I mencapaipersentase 69,98% dengankriteria “tinggi” danmengalamipeningkatansiklus II mencapaipersentase 84,43% dengankriterian “sangattinggi”. Hasilbelajar IPS siswaranahkognitifpadasiklus I 68% danpadasiklus II meningkatmenjadi 96%.Hasilbelajar IPS ranahafektifsiswasiklus I mencapaipersentase72,12% dengankriteria “tinggi” dansiklus II meningkatmenjadi 86% dengankriteria “sangattinggi”. Hasilbelajar IPS ranahpsikomotoriksiswasiklus I 67,84% dengankriteria “tinggi” dansiklus II meningkatmenjadi 83,66% dengankriteria “sangattinggi”. Sedangkanketerampilan guru dalampembelajaranmencapaipersentase72,5% dengankriteria “tinggi” danmengalamipeningkatansiklus II menjadi89% dengankriteria “sangattinggi”. Simpulandalampenelitianiniyaknipenerapan model pembelajaranContextual Teaching and Learning (CTL)dapatmeningkatkanhasilbelajar IPS siswabaikdariranahkognitif, afektifmaupunpsikomotorik, dan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD 3 WatesUndaan Kudus. Saran dalam penelitian ini,siswahendaknyaberaniberpendapat tentang apa yang telah mereka temukan di lingkungan, selainitukerjasamakelompokjugaperluditingkat agar hasil yang diperolehlebihmaksimal.Bagi guru hendaknyamenggunakan model pembelajaraninovatifdenganmengaitkanmateri yang dipelajaridengankehidupannyatasiswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Murtono, M.Pd Pembimbing II :Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: HasilBelajar IPS, Contextual Teaching and Learning (CTL).
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: asih winarti
Tanggal Deposit: 18 Aug 2014 03:00
Last Modified: 18 Aug 2014 03:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3174

Actions (login required)

View Item View Item