PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA SISWA KELAS IV SD 2 GRIBIG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Saidah, Nurul (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA SISWA KELAS IV SD 2 GRIBIG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (21MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (32MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (25MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (130MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (15MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (214MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SD 2 Gribig Kudus pada mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah dan kurang mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari yang bersifat real. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan PMRI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan aktivitas belajar menggunakan penerapan pendekatan PMRI materi pecahan? (2) Bagaimana peningkatan keterampilan guru dalam menerapkan pendekatan PMRI materi pecahan? (3) Apakah penggunaan pendekatan PMRI dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika materi pecahan? (4) Bagaimana peningkatan respon siswa dengan diterapkannya pendekatan PMRI materi pecahan? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan guru mengelola pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah matematika, dan respon siswa dengan menerapkan pendekatan PMRI pada mata pelajaran matematika materi pecahan. Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah usaha dalam rangka mencari solusi yang dilakukan oleh siswa ketika dihadapkan pada permasalahan yang dapat diselesaikan dengan kemampuan, konsep, dan proses matematika. Pendekatan PMRI merupakan pendekatan pembelajaran yang bertitik tolak dari hal-hal yang “real” bagi siswa sehingga siswa dapat menemukan sendiri pengetahuannya untuk menyelesaikan masalah baik secara individu maupun kelompok. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi pecahan dengan diterapkannya pendekatan PMRI pada siswa kelas IV SD 2 Gribig Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 2 Gribig Kudus. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa dan seorang guru yang berlangsung selama dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan PMRI, sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan pendekatan PMRI dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru, kemampuan pemecahan masalah matematika dan respon siswa. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Aktivitas belajar siswa pada siklus I ke siklus II memperoleh skor rata-rata 2,36 menjadi 3,27 dengan kualifikasi “sangat baik” (2) Peningkatan pengelolaan keterampilan guru pada siklus I ke siklus II meningkat dari skor rata-rata 3,25 menjadi 3,78 dengan kualifikasi “sangat baik” (3) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa meningkat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I ke siklus II yaitu 73,43 menjadi 88,93 (4) Respon siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari skor rata-rata 3,22 menjadi 3,78 dengan kriteria “sangat baik”. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan pendekatan PMRI untuk pembelajaran matematika materi pecahan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD 2 Gribig Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya berlatih mengerjakan soal-soal matematika terutama terkait kemampuan pemecahan masalah. Guru hendaknya menyajikan permasalahan dan soal-soal yang berkaitan dengan pengalaman sehari-hari siswa, dan memilih alat peraga yang sesuai materi. Sekolah hendaknya menyediakan media pembelajaran yang bersifat nyata guna menunjang pembelajaran realistik berjalan lebih optimal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Murtono, M.Pd. Pembimbing II : Eka Zuliana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Pecahan, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: asih winarti
Tanggal Deposit: 18 Aug 2014 03:21
Last Modified: 18 Aug 2014 03:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3175

Actions (login required)

View Item View Item