Penggunaan Media Boneka Tangan untuk Peningkatkan Hasil Belajar Tema Diri Sendiri Materi Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas 1 SD 1 Mlati Lor Kudus

Aksari, Ika Hardiyan (2014) Penggunaan Media Boneka Tangan untuk Peningkatkan Hasil Belajar Tema Diri Sendiri Materi Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas 1 SD 1 Mlati Lor Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
PDF (Halaman Judul)
01.HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (548kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab VI] PDF (Bab VI)
07._BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (310kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Salah satu bentuk komunikasi yang dimiliki oleh manusia sejak lahir ialah komunikasi dalam bentuk lisan. Kurangnya penguasaan bahasa merupakan salah satu faktor penghambat lancarnya komunikasi tersebut. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru kelas 1 SD 1 Mlati Lor Kudus, diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa berkaitan dengan keterampilan berbicara masih kurang yang ditandai dengan kurang mampunya siswa menyampaikan pendapat, malu dan takut untuk maju ke depan kelas. Hal itu disebabkan (1) kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik, (2) penilaian pembelajaran yang tidak menyeluruh, (3) tidak hadirnya media pembelajaran di dalam proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terjadi peningkatan hasil tes siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas 1 semester 1 SD 1 Mlati Lor Kudus melalui penggunaan media boneka tangan dalam pembelajaran tematik diri sendiri? Tujuan penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil tes siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas 1 semester 1 SD 1 Mlati Lor Kudus melalui penggunaan media boneka tangan dalam pembelajaran tematik diri sendiri. Pembelajaran tematik tema diri sendiri adalah pembelajaran yang memadukan tiga mata pelajaran, yaitu bahasa Indonesia, matematika, dan ilmu pengetahuan sosial berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang telah ditetapkan. Pembelajaran tersebut menggunakan media boneka tangan yang terbuat dari kain perca dan bermanfaat untuk menarik perhatian siswa di dalam proses pembelajaran. Hipotesis tindakan yang disusun adalah peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan penggunaan media boneka tangan pada pembelajaran tematik diri sendiri. Penelitian ini mengikuti model penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, tes unjuk kerja, observasi, wawancara, dokumentasi foto, dan dokumentasi video. Bentuk instrumen penelitian ini yaitu instrumen tes tertulis, tes unjuk kerja, observasi, wawancara, dan dokumentasi yang telah divalidasi. Analisis hasil penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini memenuhi semua indikator keberhasilan, (1) nilai rata-rata tes siswa pada siklus 1 sebesar 74,82 dengan persentase keberhasilan sebesar 77,78% dan meningkat menjadi 84,72 dengan persentase keberhasilan sebesar 100%, (2) nilai aktivitas belajar siswa dapat mencapai ketuntasan yang ditetapkan sebesar 75% dengan kategori minimal tinggi, yaitu 76,39% dengan kategori tinggi menjadi 87,5% dengan kategori sangat tinggi, (3) skor rata-rata keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran tematik diri sendiri dengan menggunakan media boneka tangan memperoleh skor rata-rata 48,5 dengan kategori sangat tinggi pada siklus I dan meningkat menjadi 51 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media boneka tangan dalam pembelajaran tematik diri sendiri dapat meningkatkan hasil tes siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru. Peneliti dapat memberikan saran kepada (1) guru kelas 1 SD 1 Mlati Lor Kudus, dapat menggunakan media boneka tangan pada pembelajaran keterampilan berbicara. Karena boneka tangan dapat meningkatkan minat, keberanian siswa hasil belajar secara optimal. Hendaknya guru memiliki pemahaman secara utuh berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran tematik, (2) siswa yang memiliki keterampilan berbicara dengan kategori baik, alangkah lebih baiknya dipertahankan dan dikembangkan lagi, (3) kepala sekolah, hendaknya memberikan fasilitas terhadap guru dalam mengembangkan kemampuan guru untuk menerapkan pembelajaran tematik, dan (4) peneliti lain, hendaknya melaksanakan penelitian sejenis dengan tema dan teknik lain agar didapatkan teknik pembelajaran yang beragam.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I: Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Boneka Tangan, Tematik, Diri Sendiri, Keterampilan Berbicara
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: asih winarti
Date Deposited: 19 Aug 2014 07:59
Last Modified: 19 Aug 2014 07:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3193

Actions (login required)

View Item View Item