MENINGKATKANAKTIVITAS BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SDN KAYU APU TAHUN PELAJARAN 2013/2014

hidayah, yunita nurma (2014) MENINGKATKANAKTIVITAS BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SDN KAYU APU TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (HALAMAN JUDUL) - Accepted Version
Download (418Kb)
    [img] PDF (BAB I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (98Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (593Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (1035Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (471Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (202Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (108Kb) | Request a copy
                [img] PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (158Kb)
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (7Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya aktivitas belajar IPS siswa kelas V SDN Kayu Apu Kudus yang diperoleh dari data observasi awal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V semester II di SDN Kayu Apu Tahun Pelajaran 2013/2014 sebagai upaya pencapaian kompetensi dalam mata pelajaran IPS ? 2)Apakah penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V semester II di SDN Kayu Apu Tahun Pelajaran 2013/2014? 3)Bagaimana aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran role playing pada siswa kelas V semester II di SDN Kayu Apu Tahun Pelajaran 2013/2014?. Tujuan Penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V semester II SDN Kayu Apu tahun pelajran 2013/1014 sebagai upaya pencapaian kompetensi dalam mata pelajaran IPS 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaran role playing pada siswa kelas V semester II di SDN Kayu Apu Tahun Pelajaran 2013/20143) Mendeskripsikan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran role playing pada siswa kelas V semester II di SDN Kayu Apu Tahun Pelajaran 2013/2014. Role Playing adalah suatu model pembelajaran yang mengajarkan siswa untuk menguasai bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan yang dilakukan siswa dengan memerankan sebagai tokoh. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran role playingdiduga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru dalam pembelajaran IPS kelas V Semester 2 dalam Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia SDN Kayu Apu. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Kayu Apu Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Prosedur penelitian ini terdiri dari (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian terbukti menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan aktivitas belajar siswa materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan rata-rata persentase 62,25% (cukup) pada siklus I dan menjadi 75,86% (baik) pada siklus II. Sehingga meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan yakni pra siklus 69,24 (52,38%), siklus I 69,5 (60%) dan siklus II 77,38 (80,95%). Aktivitas pengelolaan pembelajaran dengan model role playing juga mengalami peningkatan dari persentase 69,98% (baik) pada siklus I dan 84,45% (baik) pada siklus II. Simpulan penelitian dapat diterangkan bahwa penerapan model role playing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia kelas V SDN Kayu Apu Kudus. Saran yang diberikan yaitu siswa hendaknya lebih aktif dalam pembelajaran, guru hendaknya menggunakan model role playing pada pembelajaran IPS dan menggunakan model pembelajaran lainyang lebih kreatif, sekolah dapat meningkatkan mutu dan kualitas melalui pembelajaran yang baik, peneliti lain dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran yang lebih maksimal.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran role playing, aktivitas belajar, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 20 Aug 2014 11:55
                    Last Modified: 20 Aug 2014 11:55
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3197

                    Actions (login required)

                    View Item