PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KELAS IV SDN 1 JEPANG

atmarini, diah (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KELAS IV SDN 1 JEPANG. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (HALAMAN JUDUL) - Accepted Version
Download (685Kb)
    [img] PDF (BAB I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (202Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (374Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (711Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1999Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (327Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (122Kb) | Request a copy
                [img] PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (181Kb)
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (24Mb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (PRESENTASI) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (3456Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rendahnya hasil belajar siswa ini disebabkan karena pembelajaran masih konvensional, siswa pasif dalam pembelajaran dan sulit mempelajari IPS. Guru juga tidak menggunakan media yang menarik sehingga pembelajaran menjadi kurang menyenangkan. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran CTL berbantuan media puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi dengan menerapkan model pembelajaran CTL berbantuan media puzzle pada kelas IV SDN 1 Jepang, (2) mendiskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi dengan menerapkan model pembelajaran CTL berbantuan media puzzle pada kelas IV SDN 1 Jepang, (3) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi dengan menerapkan model pembelajaran CTL berbantuan media puzzle pada kelas IV SDN 1 Jepang. Model pembelajaran CTL merupakan model pembelajaran yang memberikan fasilitas kegiatan belajar siswa untuk mencari, mengolah, dan menemukan pengalaman belajar yang lebih bersifat konkret karena materi dikaitkan dengan kehidupan nyata siswa. Tujuh komponen utama CTL yakni konstruktivisme, bertanya, inkuiri, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik. Penerapan model pembelajaran CTL ini dibantu dengan penggunaan media puzzle. Penggunaan media puzzle ini akan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Jepang dengan subjek penelitian 31 siswa dan guru. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran CTL dan media puzzle sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran CTL berbantuan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar IPS. Hal ini dibuktikan dengan adanya indikator keberhasilan penelitian yang telah dicapai sebagai berikut. (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh 77% dengan kualifikasi tinggi dan meningkat pada siklus II menjadi 92% dengan kualifikasi sangat tinggi. (2) Aktivitas belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I diperoleh 75% dengan kualifikasi tinggi dan meningkat pada siklus II diperoleh 89% dengan kualifikasi sangat tinggi. Aktivitas belajar siswa ranah afektif siklus I mendapat 73% dengan kualifikasi tinggi dan meningkat pada siklus II mendapat 86% dengan kualifikasi sangat tinggi. Hasil aktivitas kelompok siklus I memperoleh persentase 76% dengan kualifikasi tinggi dan siklus II memperoleh persentase 90% dengan kualifikasi sangat tinggi. (3) Hasil belajar IPS juga meningkat dilihat dari persentase ketuntasan belajar siklus I memperoleh 71% dan meningkat pada siklus II menjadi 97%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran CTL berbantuan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SDN 1 Jepang. Peneliti memberikan saran kepada guru agar dapat merancang pembelajaran yang menyenangkan, kreatif dan berpusat pada siswa dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif serta menggunakan media yang menarik. Bagi sekolah perlu mengadakan pelatihan tentang model pembelajaran inovatif bagi guru sehingga mutu pembelajaran meningkat. Bagi siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran dan memperhatikan penjelasan guru. Bagi peneliti selanjutnya, dapat memilih materi yang cocok dengan model pembelajaran CTL berbantuan media puzzle.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CTL, Media Puzzle, Hasil Belajar IPS, Perkembangan Teknologi
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 20 Aug 2014 12:06
                      Last Modified: 20 Aug 2014 12:06
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3198

                      Actions (login required)

                      View Item