PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD 2 TENGGELES KUDUS

khumaidah, annisatul (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD 2 TENGGELES KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (HALAMAN JUDUL) - Accepted Version
Download (878Kb)
    [img] PDF (BAB I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (231Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (451Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (399Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (12Mb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (332Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (179Kb) | Request a copy
                [img] PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (182Kb)
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (11Mb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (PRESENTASI) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (315Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD 2 Tenggeles Kudus. Rendahnya hasil belajar disebabkan karena pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, penggunaan media yang kurang maksimal dan aktivitas siswa yang masih rendah. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, keterampilan guru dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan media gambar pada mata pelajaran PKn materi peran serta dalam organisasi sekolah. Model Problem Based Learning merupakan pembelajaran dengan mengahadapkan siswa pada permasalahan-permasalahan praktis sebagai pijakan dalam belajar atau dengan kata lain siswa belajar melalui masalah. Siswa dalam model ini dituntut untuk aktif memecahkan suatu masalah dengan bantuan media gambar. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa yang dilihat dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik setelah mengikuti pembelajaran. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah hasil belajar PKn, keterampilan guru dan aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya model Problem Based Learning berbantuan media gambar pada kelas V SD 2 Tenggeles Kudus dapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD 2 Tenggeles Kudus dengan subjek penelitian 18 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Problem Based Learning berbantuan media gambar, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi peran serta dalam memilih organisasi di sekolah. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar PKn, keterampilan guru, dan aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari tercapinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada tes evaluasi siklus I 62,5% meningkat menjadi 94% pada tes evaluasi siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I 70,31 menjadi 82,05 pada siklus II. (2) Keterampilan guru dalam pembelajaran PKn pada siklus I memperoleh nilai 74 dengan kualifikasi “baik” dan meningkat pada siklus II menjadi 88 dengan kualifikasi “sangat baik”. (3) Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai 65 dengan kualifikasi “baik” meningkat pada siklus II menjadi 81 dengan kualifikasi “baik”. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model Problem Based Learning berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar PKn, keterampilan guru dan aktivitas belajar siswa kelas V SD 2 Tenggeles Kudus. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya aktif dan menumbuhkan sikap positif dalam belajar agar dapat meraih hasil belajar yang baik. Bagi guru, hendaknya merencanakan model pembelajaran dan media yang dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Bagi peneliti diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan model pembelajaran yang lain, sehingga kualitas pembelajaran di kelas semakin meningkat.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Media Gambar, Hasil Belajar PKn
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 20 Aug 2014 13:53
                      Last Modified: 20 Aug 2014 13:53
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3201

                      Actions (login required)

                      View Item