Penerapan Model PembelajaranTeams Games Tournament Dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD 3 Menawan Kudus

Fatimah, Fitriana Siti (2014) Penerapan Model PembelajaranTeams Games Tournament Dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD 3 Menawan Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (447kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (140kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (378kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (371kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (727kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (151kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (154kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (113kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitianinidilatarbelakangiolehrendahnya hasilbelajar IPS siswakelasV di SD 3 MenawanKudus.Halinidisebabkan olehrendahnya aktivitas belajar siswa, dan kegiatan pembelajaran yang berpusatpada guru.Oleh sebab itu, penerapan modelTeams Games Tournamentdiharapkandapatmeningkatkan aktivitas danhasilbelajar IPS siswa. Adapun tujuandilaksanakanpenelitianiniyakni (1)mendeskripsikan peningkatanaktivitasbelajar IPS siswakelas V SD 3 Menawan, (2)menjelaskanpeningkatanhasilbelajar IPS siswakelas V SD 3 Menawan, dan (3)mendeskripsikanketerampilan guru dalammengelola pembelajaranpadasiswakelas V SD 3 Menawan. Penelitianini merupakanPenelitianTindakanKelas (PTK) yang menerapkan dua siklus dengan model Teams Games Tournaments. Adapun desain PTK ini menggunakan desain Stephen Kemmisdan Robin Mc Taggart denganlangkah yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaantindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi.Mengenai metodepengumpulan data menggunakanobservasi, tes, dandokumentasi. Teknikanalisis data yang digunakan meliputi teknik kualitatifdankuantitatif Hasilpenelitianpada siklus I menunjukan keterampilan guru mencapaipersentaseketuntasan 73,53% dengankriteria “baik” danmengalamipeningkatansiklus II menjadi88,24% dengankriteria “sangatbaik”. Hasilbelajar IPS siswaranahkognitifpadasiklus I 73,68% danpadasiklus II meningkatmenjadi97,74%. Hasilbelajar IPS ranahafektifsiswasiklus I mencapaipersentase63,62% dengankriteria “cukup” dansiklus II meningkatmenjadi81,97% dengankriteria “baik”. Hasilbelajar IPS ranahpsikomotoriksiswasiklus I 72,22% dengankriteria “baik” dansiklus II meningkatmenjadi79,77% dengankriteria “baik”. Simpulandalampenelitianiniyaknipenerapan model Teams Games Tournamentdapatmeningkatkan aktivitas, hasilbelajar IPS siswabaikdariranahkognitif, afektifmaupunpsikomotorik, dan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD 3 Menawan Kudus. Saran dalam penelitian ini, siswahendaknyaaktifdalampembelajarandankerjasamadiantarasiswadalamkelompokperlu ditingkatkan. Bagi guru hendaknyamenggunakan model pembelajaraninovatif yang sesuaidengankarakteristiksiswadandapatmerangsangsiswaaktif dalam pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd Pembimbing II : Ika Oktavianti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, HasilBelajar IPS, Teams Games Tournament
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: asih winarti
Tanggal Deposit: 25 Aug 2014 03:35
Last Modified: 25 Aug 2014 03:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3210

Actions (login required)

View Item View Item