Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share pada Siswa Kelas IV SD 5 Puyoh Tahun Pelajaran 2013/2014

Rohmah, Sa'idatur (2014) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share pada Siswa Kelas IV SD 5 Puyoh Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (830kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (127kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (343kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (508kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (187kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (94kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (70kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (20MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 5 Puyoh karena dalam pembelajaran matematika guru masih menjadi pusat belajar, sedangkan siswa hanya sebagai pendengar. Siswa cenderung pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Berbagai upaya telah dilakukan oleh guru untuk membuat siswa menjadi aktif, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran secara berkelompok. Tetapi kenyataannya siswa yang aktif dalam diskusi kelompok hanya siswa yang pintar saja, karena jumlah siswa dalam setiap kelompok 4-5 orang. Tindak lanjut untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share diharapkan siswa akan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, serta dapat melatih kemampuan berpikir, berdiskusi dan kemampuan dalam mengemukakan hasil diskusi bagi siswa. Peneliti menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk menemukan seberapa besar peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 5 Puyoh pada materi jaring-jaring kubus dan balok dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan McTaggart melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peneliti mengumpulkan data dengan metode observasi, tes, dokumentasi dengan menggunakan pedoman observasi, soal tes, serta dokumentasi foto. Data-data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini mencapai semua indikator keberhasilan. Kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 35% dengan rata-rata 58 meningkat pada siklus I menjadi 65% dengan rata-rata 70 dan pada siklus II meningkat menjadi 85% dengan rata-rata 80. Aktivitas belajar siswa secara individu pada siklus I mendapat skor rata-rata 2.72 dengan kualifikasi “baik” meningkat pada siklus II menjadi 3.18 dengan kualifikasi “baik”. Kinerja guru pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 3.25 dengan kualifikasi “baik” meningkat pada siklus II menjadi 3.4 dengan kualifikasi “sangat baik”. Simpulan pada penelitian ini adalah pengunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, aktivitas belajar, serta kinerja guru. Selanjutnya, peneliti memberikan saran kepada agar guru lebih memperhatikan alokasi waktu, meningkatkan keterampilan dalam bertanya, serta memberikan motivasi kepada siswa agar lebih berani mengemukakan hasil diskusinya di depan kelas. Kepada siswa untuk lebih aktif lagi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan berani dalam mengemukakan pendapat. Sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran matematika, dan bagi peneliti selanjutnya, diharapkan bagi peneliti yang akan datang dapat lebih memahami dan mengembangkan model pembelajaran Think Pair Share, sehingga dapat meminimalkan kekurangan dalam kegiatan pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. H. Sucpto, M.Pd.,Kons. Pembimbing II : Eka Zuliana, s.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Think Pair Share
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: asih winarti
Tanggal Deposit: 25 Aug 2014 03:54
Last Modified: 25 Aug 2014 03:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3211

Actions (login required)

View Item View Item