Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning

Mayasari, Windy Rosita (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (264kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (15MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (771kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (872kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (70MB) | Request a copy

Abstrak

Keterampilan siswa dalam menulis karangan masih rendah. Hasil wawancara antara peneliti dengan guru kelas IV SD Negeri 3 Geneng memperoleh informasi bahwa keterampilan menulis siswa masih rendah. Penyebab katerampilan menulis siswa masih rendah yaitu minimnya kosa kata yang dimiliki, kesalahan dalam struktur kalimat dan penggunaan tanda baca, hasil belajar yang rendah, dan pasif dalam pembelajaran, serta model pembelajaran guru yang konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan guru dalam mengelola pengbelajaran, dan keterampilan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Geneng? Tujuan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas IV SD Negeri 3 Geneng kecamatan Batealit kabupaten Jepara. Keterampilan menulis karangan argumentasi adalah suatu kemampuan seseorang mengemukakan gagasan yang disertai alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat dengan menggunakan media tulisan. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning adalah model pembelajaran yang dalam pelaksanaan pembelajarannya, materi yang diajarkan dikaitkan dengan dunia siswa sehingga siswa mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi hasil belajar dalam kehidupannya sehari-hari. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan keterampilan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Geneng kecamatan Batealit kabupaten Jepara. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Geneng dengan subjek penelitian yaitu 12 siswa dan guru kelas IV yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis karangan argumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti memperoleh data dengan melakukan analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Aktivitas belajar siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 71% dengan kualifikasi “tinggi” menjadi 89% dengan kualifikasi “sangat tinggi”, (2) Peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 76% dengan kualifikasi “tinggi” menjadi 88% dengan kualifikasi “sangat tinggi”, (3) Keterampilan menulis karangan argumentasi siswa juga meningkat pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 73 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 79. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 67% untuk 8 siswa yang tuntas dari 12 siswa dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 92% untuk 11 siswa yang tuntas dari 12 siswa. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Geneng tahun pelajaran 2013/ 2014. Saran kepada siswa yaitu siswa hendaknya lebih aktif dalam pembelajaran baik mata pelajaran bahasa Indonesia maupun pada mata pelajaran lainnya, tidak perlu ragu-ragu dalam menjawab tertanyaan dari guru, dan memiliki sifat kerjasama antarkelompok. Saran kepada guru yaitu guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan menjadi fasilitator dan movitavor dalam pembelajaran. Saran kepada sekolah yaitu sekolah hendaknya melengkapi sarana dan prasarana pendukung kegiatan pembelajaran, serta memberikan kesempatan kepada semua guru untuk mengikuti berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kreatifitas guru.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Murtono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Menulis Karangan Argumentasi, Contextual Teaching and Learning
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: asih winarti
Tanggal Deposit: 25 Aug 2014 04:56
Last Modified: 25 Aug 2014 04:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3214

Actions (login required)

View Item View Item