PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP ORGANISME DILIHAT DARI TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SD 5 DERSALAM KUDUS

Masturi, - dan Fakhriyah, Fina dan Roysa, Mila dan Fathurohman, Irfai (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP ORGANISME DILIHAT DARI TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SD 5 DERSALAM KUDUS. [Laporan Penelitian/ Pengabdian Masyarakat] (Submitted)

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (313kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (16kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (255kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (230kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dan pengaruh dari penerapan pembelajaran IPA pada kompetensi mendeskripsikan daur hidup organisme dengan media kartu bergambar dilihat dari tingkat kemandirian belajar di SD 5 Dersalam Kudus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan one group pretest posttest design. Kelas yang digunakan untuk penelitian hanya satu kelas yang terdiri dari 16 siswa. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif yang berupa hasil belajar siswa, tanggapan siswa terhadap pembelajaran, dan hasil angket pengukuran kemandirian belajar siswa. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi aspek afektif, aspek psikomotorik dan tanggapan siswa tentang pelaksanaan pembelajaran sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil penilaian kognitif (tes) dan hasil menulis karangan deskripsi pada kompetensi daur hidup organisme. Berdasarkan hasil uji hipotesis (perhitungan uji t) menunjukkan bahwa thitung 2,312 dan ttabel 2,75 sehingga thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak. Dengan penolakan Ho ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara tes awal dengan tes akhir menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara tes awal dan tes akhir. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media kartu bergambar efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA maupun bahasa Indonesia yang hasil akhirnya merupakan kemampuan mendeskripsikan daur hidup organisme. Selain itukemampuan menulis karangan deskripsi juga dipengaruhi oleh tingkat kemandirian belajar siswa. Siswa dengan tingkat kemandirian belajar tinggi rata-rata memeroleh skor baik pada penilaian hasil karangan deskripsi daur hidup organisme.

Tipe dokumen: Laporan Penelitian/ Pengabdian Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Kartu Bergambar, Daur Hidup organisme dan Kemandirian Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 01 Sep 2014 01:48
Last Modified: 01 Sep 2014 01:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3227

Actions (login required)

View Item View Item