Pengaruh Motivasi Kerja dan Pelatihan Karyawan terhadap Kinerja Pelayanan di Tarekat Suster Fransiskus Dina Indonesia

Korawati, Dwi (2012) Pengaruh Motivasi Kerja dan Pelatihan Karyawan terhadap Kinerja Pelayanan di Tarekat Suster Fransiskus Dina Indonesia. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (231Kb) | Tinjau ulang
    [img]
    Tinjau ulang
    PDF (Bab I) - Accepted Version
    Download (157Kb) | Tinjau ulang
      [img]
      Tinjau ulang
      PDF (Bab II) - Accepted Version
      Download (273Kb) | Tinjau ulang
        [img]
        Tinjau ulang
        PDF (Bab III) - Submitted Version
        Download (166Kb) | Tinjau ulang
          [img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (378Kb) | Request a copy
            [img]
            Tinjau ulang
            PDF (Bab V) - Accepted Version
            Download (40Kb) | Tinjau ulang
              [img]
              Tinjau ulang
              PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
              Download (79Kb) | Tinjau ulang
                [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (110Kb) | Request a copy

                  Abstrak

                  Dalam dunia bisnis-komersial, salah satu tujuan perusahaan adalah mendapatkan keuntungan atau laba. Untuk mencapai tujuan itu, perusahaan melakukan kegiatan-kegiatan dengan menggunakan faktor-faktor produksi, yaitu sumber daya alam, sumber daya manusia, modal dan tehnologi. Dari faktor-faktor produksi tersebut, sumber daya manusia memegang peranan penting dalam perusahaan. Dalam era globalisasi saat ini, dunia semakin terasa sempit, orang makin cenderung individualistis, materialistis, komsumerialistis. Orang berusaha untuk memupuk kekayaan dengan menghalalkan berbagai cara, termasuk didalam bekerja. Motivasi orang bekerja, pertama-tama karena ingin memiliki kekayaan, hal inilah yang membuat kinerja pelayanan kurang berkualitas. Orientasi orang bukan pada jiwa mereka yang dilayani, melainkan pada “uang”. Dalam keprihatinan seperti inilah, maka orang dipanggil dan didorong untuk memiliki motivasi yang luhur, yang muncul dari hati nurani, motivasi yang digerakkan oleh Allah sendiri demi kesejahteraan umum. Jika orang tidak mau bekerja, janganlah ia makan, demikian rasul Paulus mengingatkan agar orang mau bekerja. Ajaran ini jelas relevan bagi moralitas dan spiritualitas kerja manusiawi. Sebab bila orang bekerja, ia bukan hanya mengubah hal-hal tertentu dan masyarakat, melainkan menyempurnakan dirinya sendiri juga. Orang belajar banyak mengembangkan bakat-kemampuannya, beranjak keluar dari dirinya sendiri dan melampaui dirinya. Pengembangan diri ini. Lebih bernilai dari kekayaan lahiriah yang dapat dikumpulkan. Pelatihan adalah setiap kegiatan untuk memperbaiki performasi karyawan pada suatu pekerjaan tertentu. Tujuan utama pelatihan adalah untuk memperbaiki kinerja, meningkatkan ketrampilan pekerja, menghindari keusangan manajerial, memecahkan permasalahan, orientasi karyawan baru, persiapan promosi dan keberhasilan manajerial, serta memberi kepuasan untuk kebutuhan pengembangan perorangan. Ada banyak faktor yang mendorong orang mau bekerja. Orang bekerja karena ingin hidup, ini merupakan keinginan utama setiap orang, manusia perlu makan dan minum untuk kelangsungan hidup. Orang bekerja juga karena menginginkan mendapat posisi di masyarakat. Selain itu juga ada keinginan akan kekuasaan, pengakuan, penghormatan, dan status sosial. Selain itu ada faktor lain yang mendorong seseorang mau bekerja, yaitu faktor spiritualitas yang dihayati oleh seseorang. Dengan motivasi yang dalam dan juga kesempatan berkembang, akan mempengaruhi kualitas pelayanan seseorang.Kinerja pelayanan tidak hanya sebatas memiliki keahlian dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memberikan pelayanan yang dimaksud, melainkan harus sampai pada menampakkkan cintakasih Allah di dunia. Perumusan masalah adalah 1) Apakah ada pengaruh motivasi kerja dan pelatihan karyawan terhadap kinerja pelayanan secara parsial di Tarekat Suster Fransiskus Dina Indonesia? 2) Apakah ada pengaruh motivasi kerja dan pelatihan karyawan terhadap kinerja pelayanan secara berganda di Tarekat Suster Fransiskus Dina Indonesia? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan pelatihan karyawan terhadap kinerja pelayanan secara parsial di Tarekat Suster Fransiskus Dina Indonesia. 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan pelatihan karyawan terhadap kinerja pelayanan secara berganda di Tarekat Suster Fransiskus Dina Indonesia. Dalam penelitian ini pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kueisioner. Hasil dari penelitian, adalah sebagai berikut; 1) Secara parsial variabel motivasi kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kinerja pelayanan. Hal ini ditunjukkan dengan t hitung (7,518) > t tabel (1,996) dan nilai signifikansi = 0,000 (< 0,05), 2) Secara parsial variabel pelatihan karyawan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kinerja pelayanan. Hal ini ditunjukkan dengan t hitung (2,824) > t tabel (1,996) dan nilai signifikansi = 0,006 (< 0,05), 3) Secara simultan variabel motivasi kerja dan pelatihan karyawan memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja pelayanan. Hal ini ditunjukkan dengan F hitung (38,199) > F tabel (3,99) dan nilai signifikansi = 0,000 (< 0,05). Karena motivasi kerja, dan pelatihan karyawan berpengaruh terhadap kinerja pelayanan pada Tarekat Suster Fransiskus Dina Indonesia, maka perlu upaya-upaya dari pihak pimpinan tarekat dan pimpinan yayasan untuk senantiasa meningkatkan motivasi kerja dan mengadakan pelatihan secara periodik agar kinerja pelayanan para Suster di Tarekat Suster Fransiskus Dina Indonesia menjadi semakin baik

                  Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                  Uncontrolled Keywords: aliran kristen, msdm
                  Subjects: FIlsafat. Psikologi. Agama > Kristiani
                  FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Motivasi
                  Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Manajemen personel. Manajemen sumber daya manusia. Manajemen tenaga kerja.
                  Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
                  Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
                  Tanggal Deposit: 27 Jun 2012 15:16
                  Last Modified: 27 Jun 2012 15:16
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/323

                  Actions (login required)

                  View Item