PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI MENUNJUKKAN SIKAP TERHADAP GLOBALISASI DI LINGKUNGANNYA MELALUI METODE BERMAIN PERAN SISWA KELAS IV SD 4 CRANGGANG TAHUN 2013/2014

ADI NUGROHO, IRFAN (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI MENUNJUKKAN SIKAP TERHADAP GLOBALISASI DI LINGKUNGANNYA MELALUI METODE BERMAIN PERAN SISWA KELAS IV SD 4 CRANGGANG TAHUN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (7Mb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (185Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (297Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (290Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1154Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (329Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (1836Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (956Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa, dikarenakan guru menyalurkan informasi tanpa membawa siswanya kedalam pemahaman siswa yang lebih nyata. Untuk nilai pra penelitian tindakan kelas menunjukkan 8 siswa memperoleh nilai dibawah KKM dari 17 siswa kelas IV SD 4 Cranggang. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran bermain peran mata pelajaran PKn kelas IV di SD 4 Cranggang Dawe Kudus. 2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya metode pembelajaran bermain peran mata pelajaran PKn kelas IV di SD 4 Cranggang Dawe Kudus. 3) Menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn melalui metode pembelajaran bermain peran membantu peningkatkan pembelajaran kelas IV SD 4 Cranggang Dawe Kudus. Model pembelajaran bermain peran adalah bagian dari pembelajaran kooperatif yang menekankan tentang keterlibatan partisipan dan peneliti dalam situasi permasalahan. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn materi sikap terhadap globalisasi di lingkungannya siswa kelas IV SD 4 Cranggang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di keas IV SD 4 Cranggang dengan subjek penelitian ini adalah guru dan 17 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas adalah model pembelajaran bermain peran. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn materi sikap terhadap globalisasi di lingkungannya kelas IV SD 4 Cranggang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan aktivitas belajar siklus I rata-rata 23,06 meningkat pada siklus II menjadi 26,15. Hasil keterampilan guru siklus I memperoleh 72 (60,00%), siklus II 97 (80,83%). hasil belajar PKn siswa materi sikap terhadap globalisasi di lingkungannya cukup signifikan antara hasil pra siklus dengan nilai 65,88 dengan ketuntasan klasikal (52,94%), hasil siklus I mempunyai nilai rata-rata 69,41 dengan ketuntasan klasikal (70,59%) dan hasil siklus II dengan nilai rata-rata 78,53 dengan ketuntasan klasikal (88,24%). Simpulan dalam penelitian ini yaitu model bermain peran berhasil meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn materi menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya melalui metode bermain peran siswa kelas IV SD 4 Cranggang dawe kudus. Saran dari penelitian ini, siswa hendaknya selalu memperhatikan apa yang disampaikan guru. Bagi guru hendaknya dalam menggunakan model pembelajaran bermain peran sesuai dengan karakteristik dan perkembangan siswa agar tidak bosan dan lebih menarik. Bagi sekolah hendaknya menyediakan media pembelajaran yang lebih variatif.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Bermain Peran, Hasil Belajar, PKn
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 06 Sep 2014 11:40
                    Last Modified: 06 Sep 2014 11:40
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3263

                    Actions (login required)

                    View Item