PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS BERBANTUAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV DI SDN 2 RAGUKLAMPITAN

AULIYANA, DEVI (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS BERBANTUAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV DI SDN 2 RAGUKLAMPITAN. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (924Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (186Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (388Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (1160Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2462Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (219Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (150Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (164Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (7Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Kondisi awal pembelajaran IPS di SDN 2 Raguklampitan yang berlangsung masih difokuskan pada penguasaan aspek kognitif saja, masih konvensional, tidak menggunakan media, dan tidak memanfaatkan tutor teman sebaya.Berdasarkan masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1)bagaimana peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan strategi pembelajaran Peer Lessons berbantuan peta konsep pada siswa kelas IV SDN 2 Raguklampitan?; (2)bagaimana peningkatan keterampilan guru pada mata pelajaran IPS melalui penerapan strategi pembelajaran Peer Lessons berbantuan peta konsep pada siswa kelas IV SDN 2 Raguklampitan?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Raguklampitan dengan menerapkan strategi pembelajaran Peer Lessons berbantuan peta konsep. (2) untuk mengetahui peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN 2 Raguklampitan dalam menerapkan strategi pembelajaran Peer Lessons berbantuan peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 2 Raguklampitan yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, soal evaluasi, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menggunakan strategi pembelajaran Peer Lessons berbantuan peta konseppada pembelajaran IPS kelas IV menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif, afektif, psikomotorik dan keterampilan guru setiap siklusnya. Ketuntasan klasikal siswa pra siklus sebesar 40,91% dengan rata-rata64,54, meningkat pada siklus I menjadi 66,67% dengan rata-rata68,33, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,82% dengan rata-rata72,04. Hasil belajar siswa ranah afektif siklus I memperoleh skor rata-rata 64,63% dengan kriteria cukup baik, meningkat pada siklus II menjadi 74,95% dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa ranah psikomotorik siklus I memperoleh skor rata-rata 61,64% dengan kriteria cukup baik, meningkat pada siklus II menjadi 78,65% dengan kriteria baik. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 62,50% dengan kriteria cukup , meningkat pada siklus II menjadi 89,28% dengan kriteria sangat baik. Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Peer Lessons berbantuan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif, psikomotorik serta keterampilan guru. Saran dalam penelitian hendaknya siswa selalu memperhatikan apa yang disampaikan guru dan aktif dalam pembelajaran sehingga aktivitas belajar siswa terarah dan hasil belajar siswa optimal. Sedangkan saran bagi guru adalah guru hendaknya dalam pembelajaran menerapkan strategi pembelajaran yang inovatif, salah satunya adalah strategi pembelajaran Peer Lessons berbantuan peta konsep.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Peer Lessons,Hasil Belajar
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 06 Sep 2014 13:08
                    Last Modified: 06 Sep 2014 13:08
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3275

                    Actions (login required)

                    View Item