PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SD 2 PIJI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

RACHMAWATI, IKA (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SD 2 PIJI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (371Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (178Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (511Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (1086Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2245Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (184Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (111Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (192Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (9Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD 2 Piji Kudus yang diperoleh dari data observasi awal. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata kelas 68,8 dan ketuntasan 55,6%. Permasalahan tersebut disebabkan karena guru masih menggunakan metode ceramah dalam mengajar dan rendahnya minat siswa dalam pembelajaran IPS sehingga aktivitas belajar siswa kurang. Tujuan Penelitian tindakan kelas ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatkan kinerja guru mengelola pembelajaran dalam menerapkan model pembelajaran Think Pair Share mata pelajaran IPS pada siswa kelas V semester II di SD 2 Piji tahun pelajaran 2013/2014. (2) Mendeskripsikan peningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think Pair Share mata pelajaran IPS pada siswa kelas V semester II di SD 2 Piji tahun pelajaran 2013/2014. (3) Menemukan peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas V semester II di SD 2 Piji tahun pelajaran 2013/2014 dalam penerapan model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD 2 Piji Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Prosedur penelitian ini terdiri dari (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian terbukti menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan keterampilan pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan model Think Pair Share dari persentase 62,5% (tinggi) pada siklus I dan meningkat menjadi 85,4% (sangat tinggi) pada siklus II. Aktivitas belajar siswa juga meningkat dengan persentase siklus I 60,3% (tinggi) dan meningkat pada siklus II 80,8% (sangat tinggi). Hasil belajar siswa materi jasa dan peran tokoh dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia meningkat dengan persentase ketuntasan 55,5% (sedang) pada pra siklus 77,8% (baik) pada siklus I dan menjadi 88,9% (sangat baik) pada siklus II. Simpulan penelitian dapat diterangkan bahwa penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan aktivitas belajar siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V semester II SD 2 Piji Kudus. Saran yang diberikan kepada guru hendaknya lebih variatif dalam menggunakan model pembelajaran salah satunya menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Saran bagi siswa hendaknya lebih aktif dalam pembelajaran. Saran bagi sekolah agar meningkatkan fasilitas dan kualitas pembelajaran menjadi lebih baik.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Think Pair Share, hasil belajar, jasa dan peran tokoh dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 06 Sep 2014 13:23
                    Last Modified: 06 Sep 2014 13:23
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3276

                    Actions (login required)

                    View Item