PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SD MINTOBASUKI 02 TAHUN 2013/2014

AJENG PUSPORINI, RIKA (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SD MINTOBASUKI 02 TAHUN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (830kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (502kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (475kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (792kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (646kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (316kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (384kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di SD Mintobasuki 02. Hal yang melatar belakangi peneltian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD Mintobasuki 02. Guru masih menggunakan metode belajar konvensional dalam proses belajar dan mengajar. Siswa menjadi malas dan bosan dalam pembelajaran. Guru tidak menggunakan media pembelajaran. Diskusi kelompok jarang dilakukan selama proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar IPS siswa. Terbukti dengan hasil UTS siswa pada mata pelajaran IPS yang menunjukkan bahwa dari 30 siswa yang mendapat nilai ≤ 75 mencapai 56,66%, artinya masih banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil belajar IPS adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Numbered Head Together (NHT) merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang memengaruhi pola interaksi siswa dengan pemberian nomor dan berfikir bersama. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terdiri dari lima fase. Fase I: Pengelompokan, Fase 2: Penomoran, Fase 3: Pengajuan Pertanyaan, Fase 4: Berpikir Bersama, Fase 5: Memanggil Nomor/Menjawab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar IPS Kelas IV SD Mintobasuki 02 melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Populasi pada penelitian ini yaitu 30 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. PTK ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) observasi, 2) wawancara, 3) teknik tes, dan 4) dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ada 2 yaitu: 1) analisis data kuantitaifdan, 2) analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebelum penerapan model pembelajaran NHT yaitu 69,5 dengan ketuntasan klasikal 43,33%. Pada siklus pertama, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72,16 dengan ketuntasan klasikal sebesar 66,67%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 83,8 dengan ketuntasan klasikal 86,67%. Pada siklus I rata-rata persentase aktivitas siswa yang dicapai sebesar 64% dengan kriteria cukup baik dan meningkat pada siklus II menjadi 81% dengan kriteria baik. Keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I diperoleh rata-rata persentase sebesar 80% dengan kriteria baik. Hasil tersebut meningkat pada siklus II dengan persentase sebesar 87,5% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDMintobasuki 02. Penerapan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan guru.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Numbered Head Together
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Sep 2014 05:20
Last Modified: 08 Sep 2014 05:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3280

Actions (login required)

View Item View Item