PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SD 3 TERBAN KABUPATEN KUDUS

DINAR RAHMAWATI SULISTYANINGRUM, DINAR (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SD 3 TERBAN KABUPATEN KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
PDF (Hal.Judul)
HALAMAN_AWAL.pdf - Accepted Version

Download (880kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (153kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (27MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bermula dari permasalahan pembelajaran Matematika di kelas V SD 3 Terban yang terlihat bahwa hasil belajar Matematika siswa masih di bawah KKM yaitu 65. Dalam pembelajaran guru masih mengajar dengan cara yang konvensional dan kurang memanfaatkan media dalam menunjang belajar siswa. Kondisi tersebut memerlukan perhatian dari guru untuk melakukan perbaikan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan inilah, peneliti menerapkan model pembelajaran Team Accerelerated Instruction berbantuan media Tangram dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Team Accelerated Instruction berbantuan media tangram dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V tahun pelajaran 2013/2014 di SD N 3 Terban dalam pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar. Model pembelajaran Team Accerelerated Instruction merupakan model pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran individu dan kelompok. Selain itu, penggunaan media juga berperan penting dalam kegiatan pembelajaran, Salah satunya media tangram yaitu suatu permainan puzzle yang tersusun dari beberapa bangun datar. Hasil belajar matematika meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hipotesis tindakan yang peneliti ajukan adalah penerapan model pembelajaran Team Accelerated Instruction berbantuan media tangram dapat meningkatkan hasil belajar Matematika kelas V di SD 3 Terban Kabupaten Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 3 Terban dengan subjek penelitian berjumlah 20 siswa. Penelitian ini melalui dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Tiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Team Accelerated Instruction berbantuan media tangram menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditandai oleh peningkatan nilai rata-rata siswa berturut-turut dari prasiklus (59,5), siklus I (66,5), dan siklus II (80,5). Hasil ini juga diikuti oleh peningkatan ketuntasan belajar klasikal siswa yaitu prasiklus (40%), siklus I (70%), dan siklus II (85%). Selain itu, pada siklus I skor rata-rata aspek afektif siswa dari siklus I sebesar 2,80 dengan kriteria “baik” menjadi 3,06 atau “baik”. Sedangkan pada aspek psikomotorik siswa sebesar 2,64 dengan kriteria “baik” pada siklus I menjadi 3,15 atau “baik” pada siklus II. Skor rata-rata pengelolaan kelas peneliti pada siklus I sebesar 2,87 dengan kriteria “baik”. Pada siklus II meningkat menjadi 3,38 atau “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Team Accelerated Instruction berbantuan media tangram dapat meningkatkan hasil belajar Matematika kelas V di SD 3 Terban Kabupaten Kudus. Adapun saran peneliti dalam penelitian tindakan kelas ini, yaitu: Guru perlu meningkatkan sikap yang inovatif agar pembelajaran lebih bermakna dan semangat serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta. Peneliti selanjutnya dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran ke depannya dengan lebih baik lagi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction, Media Tangram, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 08 Sep 2014 06:19
Last Modified: 08 Sep 2014 06:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3282

Actions (login required)

View Item View Item