UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING SIMBOLIK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

YUSTICA CANDRA, SULISTIANA (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING SIMBOLIK TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (494Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (173Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (230Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (327Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (660Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (177Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (151Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (100Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (557Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti di lapangan menunjukkan kurangnya kepercayaan diri pada siswa kelas VII E MTs NU Miftahul Falah Dawe Kudus. Kaitannya dengan kepercayaan diri siswa antara lain masih ada siswa yang masih merasa minder dan kurang aktif dalam mengikuti pelajaran maupun kegiatan di lingkungan sekolah, serta masih malu ketika tampil di depan kelas. Apabila hal ini tidak segera ditangani akan berdampak negatif pada siswa. Oleh karena itu, rumusan masalahnya adalah Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Modelling Simbolik dapat Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VII E MTs Miftahul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan penelitian yaitu: Mendiskripsikan layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik modelling simbolik dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VII E MTs Miftahul Falah Dawe Kudus. Penelitian ini didesain dalam bentuk PTBK. Kajian pustakanya adalah rasa percaya diri yaitu suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu untuk bisa mencapai berbagai tujuan didalam hidupnya. Layanan konseling kelompok adalah konseling yang diselenggarakan dalam kelolmpok, dengan memanfaatkan dinamika kelompok yang terjadi di dalam kelompok itu. Serta modelling simbolik adalah modelling yang berbentuk simbol biasanya didapat dari model film atau televisi yang menyajikan contoh tingkah laku yang dapat mempengaruhi pengamatnya. Hipotesis penelitian ini adalah layanan konseling kelompok menggunakan teknik modeling simbolik dapat meningkatkan kepercayaan diri pada siswa kelas VII E MTs NU Miftahul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E MTs NU Miftahul Falah Dawe Kudus sebanyak 10 siswa. Variabel penelitian: Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Modelling Simbolik (Variabel Terikat) dan Kepercayaan Diri (Variabel Bebas). Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan data kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan Ssiklus II) setiap siklus 3 pertemuan, setiap siklus terdiri dari 3 tahapan. Data diperoleh dari observasi dilakukan secara langsung bersama guru kelas. Penelitian dilakukan dengan data hasil observasi terhadap 10 aspek penilaian. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan kepercayaan diri siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum tindakan, dan setelah siklus I dan siklus II yang memperlihatkan bahwa kepercayaan diri siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada prasiklus mendapat skor 20.5 (kurang), pada siklus I mendapat nilai rata-rata 30.9 (cukup), dan pada siklus II mendapat nilai rata-rata 42.7 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hal ini terbukti sebelum pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik dalam kategori kurang. Setelah layanan konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik pada siklus I kepercayaan diri siswa memperoleh kategori cukup dan pada siklus II kepermeperoleh kateayaan diri siswa dalam kategori sangat baik. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah memenuhi criteria keberhasilan. Melihat temuan di lapangan peneliti memberikan saran: guru BK diharapkan dapat membantu siswa dalam menghadapi masalah-masalah yang berkaitan dengan kepercayaan diri siswa. Kepada Kepala sekolah diharapkan dapat memberikan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling di MTs Miftahul Falah Kudus. Kepada siswa diharapkan dengan adanya layanan konseling kelompok dengan teknik modelling simbolik dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri Siswa. Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Modelling Simbolik.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
                    Tanggal Deposit: 30 Sep 2014 10:11
                    Last Modified: 02 Oct 2014 12:03
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3300

                    Actions (login required)

                    View Item