PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGATASI RENDAHNYA DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI MM SMK TAMANSISWA KUDUS

PERMATA SARI, PUSPITA (2014) PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGATASI RENDAHNYA DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI MM SMK TAMANSISWA KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
cover.pdf - Accepted Version

Download (441kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (178kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bimbingan dan konseling di SMK Tamansiswa Kudus diperoleh informasi bahwa di kelas XI MM terdapat tiga siswa yang mengalami masalah rendahnya disiplin belajar, seperti: sering datang terlambat ke sekolah, tidak mengerjakan PR/tugas sekolah, sering membolos pada jam pelajaran, tidak ada antusias belajar dan tidak memperhatikan pembelajaran di kelas. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya disiplin belajar siswa kelas XI MM SMK Tamansiswa Kudus tahun Pelajaran 2013/2014?, 2. Apakah teknik self management dapat membantu mengatasi rendahnya disiplin belajar siswa kelas XI MM SMK Tamansiswa Kudus tahun Pelajaran 2013/2014?. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk menemukan faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya disiplin belajar siswa kelas XI MM SMK Tamansiswa Kudus tahun Pelajaran 2013/2014, 2. Untuk membantu mengentaskan masalah rendahnya disiplin belajar siswa kelas XI MM SMK Tamansiswa Kudus tahun Pelajaran 2013/2014 melalui teknik self management. Disiplin belajar adalah suatu sikap mental seseorang yang patuh dan taat pada norma-norma atau tata tertib dalam rangka melakukan proses kegiatan belajar. Agar masalah tersebut dapat terentaskan, maka peneliti menggunakan penerapan teknik self management sebagai upaya bantuan, yaitu suatu teknik perubahan perilaku, di mana konseli akan dituntut aktif selama proses terapi, sehingga konseli mampu mengontrol, mengendalikan dan merubah arah perilaku tersebut menjadi perilaku yang diinginkan. Penelitian studi kasus ini dilakukan secara terperinci dan mendalam terhadap suatu gejala tertentu, meliputi: identifiksi kasus, analisis, diagnosis, prognosis, treatment, evaluasi dan tindak lanjut. Subjek penelitian ini adalah 3 (tiga) siswa kelas XI MM yang tercatat sebagai siswa yang memiliki perilaku disiplin belajar rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1. Wawancara, 2. Observasi, 3. Dokumentasi, dan 4. Kunjungan Rumah. Hasil penelitian dan pembahasan kasus 1. Konseli (AL) faktor internal penyebab permasalahannya yaitu kurangnya menajemen waktu dan tidak mempunyai motivasi dalam belajar, sedangkan faktor ekternalnya yaitu kurang adanya perhatian dari orang tua. Setelah dilakukan konseling selama 6 kali dengan penerapan teknik self management, konseli dapat menunjukkan perubahan yang lebih disiplin. Ini berarti penerapan teknik self management dapat membantu mengatasi rendahnya disiplin belajar pada konseli, 2. Konseli II (BT) faktor internal penyebab permasalahannya yaitu kurangnya menajemen waktu dan tidak mempunyai motivasi dalam belajar, sedangkan faktor ekternalnya yaitu pengaruh lingkungan teman sepermainan yang kurang disiplin. Setelah dilakukan konseling selama 5 kali dengan penerapan teknik self management, konseli dapat menunjukkan perubahan yang lebih disiplin. Ini berarti penerapan teknik self management dapat membatu mengatasi rendahnya disiplin belajar pada konseli.3. Konseli III (BP) faktor internal penyebab permasalahannya yaitu kondisi fisik yang sakit-sakitan dan kurangnya motivasi dalam belajar, sedangkan faktor ekternalnya yaitu kurang adanya perhatian dari orang tua. Setelah dilakukan konseling selama 6 kali dengan penerapan teknik self management, konseli dapat menunjukkan perubahan yang lebih disiplin. Ini berarti penerapan teknik self management dapat membatu mengatasi rendahnya disiplin belajar pada konseli. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis di atas peneliti dapat menyimpulkan penerapan teknik self management dapat membantu mengatasi rendahnya disiplin belajar siswa kelas XI MM SMK Tamansiswa Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Dengan demikian peneliti menyarankan bagi kepala sekolah untuk mengadakan pertemuan secara periodik dengan konselor sekolah, guru wali kelas dan guru mata pelajaran untuk membahas masalah disiplin belajar serta kemajuan siswa di kelas. Kepada konselor sekolah sebaiknya menindaklanjuti apa yang sudah dilakukan oleh peneliti secara terprogram dengan lebih baik dan bisa menerapkan layanan penerapan teknik self management untuk menangani masalah rendahnya disiplin belajar siswa. Kepada guru wali kelas sebaiknya bisa menggunakan hasil penemuan peneliti untuk lebih memperhatikan dan mengenali permasalahan-permasalahan siswa secara lebih mendalam. Kepada penelitian selanjutnya hendaknya menindaklanjuti penelitian ini dengan berpijak pada hasil/temuan yang telah diperoleh dalam penelitian ini, sehingga kedepannya penerapan self management mampu mengatasi rendahnya disiplin belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Teknik Self Management, Disiplin Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 30 Sep 2014 03:35
Last Modified: 02 Oct 2014 05:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3302

Actions (login required)

View Item View Item