PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SD 4 PIJI DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

HARNAWAN, IVAN (2014) PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SD 4 PIJI DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (935kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (150kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (346kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (243kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (142kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (110kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 4 Piji Dawe Kudus yang rendah. Guru lebih banyak menjadi sumber belajar dan siswa hanya pasif mendengarkan penjelasan dari guru. Hal ini menyebabkan perlu adanya perbaikan dalam pembelajaran sehingga hasil belajar dapat meningkat lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial pada siswa kelas IV Semester 2 SD 4 Piji Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014? 2. Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS materi masalah sosial menggunakan model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV Semester 2 SD 4 Piji Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014? 3. Bagaimana hasil belajar siswa dengan diterapkannya model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial pada siswa kelas IV Semester 2 SD 4 Piji Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan Penelitian tindakan kelas ini adalah 1. Mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial pada siswa kelas IV Semester 2 SD 4 Piji Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014; 2. Mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan diterapkannya model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV Semester 2 SD 4 Piji Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014; 3. Menemukan peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial pada siswa kelas IV Semester 2 SD 4 Piji Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Group Investigation merupakan model pembelajaran kooperatif yang kompleks karena memadukan antara prinsip belajar kooperatif dengan pembelajaran yang berbasis konstruktivisme dan prinsip pembelajaran demokrasi. Ciri-ciri pembelajaran Group Investigation adalah adanya kegiatan penyelidikan, interaksi, penafsiran, dan motivasi diri. Materi dalam penelitian ini adalah masalah sosial, yaitu tindak kriminal, kemiskinan, dan lingkungan hidup. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 4 Piji Dawe Kudus dengan subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Group Investigation. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS materi masalah sosial siswa kelas IV SD 4 Piji Dawe Kudus. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terbukti menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa materi masalah sosial dengan persentase ketuntasan pra siklus 44,82% (kurang). Pada siklus I 72,41% (baik) dan pada siklus II menjadi 86,20% (Sangat Baik). Aktivitas belajar siswa juga meningkat dengan persentase rata-rata siklus I 70,3% (tinggi) dan meningkat pada siklus II 78,53% (tinggi). Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model Group Investigation juga mengalami peningkatan dari persentase 71,24% (tinggi) pada siklus I dan 82,91% (sangat tinggi) pada siklus II. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS materi masalah sosial pada siswa kelas IV SD 4 Piji Dawe Kudus. Saran bagi guru sebaiknya mencoba menerapkan model Group Investigation dan mengutamakan peran aktif siswa, bagi siswa harus lebih berpartisipasi aktif dan memusatkan perhatian selama kegiatan pembelajaran di kelas. Bagi peneliti lain dapat melakukan kajian yang lebih mendalam tentang penggunaan model Group Investigation untuk membantu meningkatkan kualitas pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Group Investigation, Hasil Belajar, Masalah Sosial.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 30 Sep 2014 05:22
Last Modified: 02 Oct 2014 04:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3310

Actions (login required)

View Item View Item