UPAYA MENINGKATKAN TINGKAH LAKU PROSOSIAL PADA TEMAN SEBAYA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT SISWA KELAS VIII G

MELIANA LISAWATI, DWI (2014) UPAYA MENINGKATKAN TINGKAH LAKU PROSOSIAL PADA TEMAN SEBAYA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT SISWA KELAS VIII G. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (330kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (95kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tingkah laku prososial pada teman sebaya di kelas VIII G SMP 1 Bae Kudus, guru belum menekankan pemberian layanan kepada siswa untuk bertingkah laku prososial pada teman sebaya sehingga siswa masih bersikap selalu menyendiri, tidak pernah menganter teman berobat dan tidak pernah membersihkan lingkungan sekolah karena sudah ada petugasnya sehingga berdampak tingkah laku prososial pada teman sebaya kurang memuaskan.Layanan penguasaan konten dengan teknik self management untuk mendeskrikan peningkatan tingkah laku prososial pada teman sebayadan memperoleh peningkatan tingkah laku prososial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah pelaksanaan layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Self management dapat meningkatkan Tingkah Laku Prososial Pada Teman Sebaya Siswa Kelas VIII G SMP 1 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014”. Tujuan dari penelitian ini memperoleh peningkatan tingkah laku prososial pada teman sebaya yang mampu dicapai siswa kelas VIII G SMP 1 Bae kudus tahun 2013/2014 sebelum dan sesudah dilaksanakan layanan penguasaan konten. Ada duavariabeldalampenelitianiniyaituperilakuprososialpadatemansebayadanlayananpenguasaankontendenganteknikself management.Adapunpenjelasannyaadalahperilaku prososial meliputi segala bentuk tindakan yang dilakukan atau direncanakan untuk menolong, tanpa memperhatikan motif penolongnya.Perilaku prososial mencakup kategori yang lebih luas yaitu meliputi segala bentuk tindakan yang dilakukan atau direncanakan untuk menolong orang lain, tanpa memperdulikan motif-motif si penolong.layanan penguasaan konten merupakan suatu layanan bantuan kepada individu (siswa) baik sendiri maupun dalam kelompok untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui kegiatan belajar.Manajemen diri adalah sebuah proses merubah “totalitas diri” baik dari segi intelektual, emosional, spiritual, dan fisik agar apa yang kita inginkan (sasaran) tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII G yang berjumlah 31 siswa. Siswa dinyatakan dapat meningkat pada tingkah laku prososial apabila mencapai inidkator keberhasilan pada pengamatan konselor ≤ 75dalam kategori baik, kemudian penilaian pada siswa terhadap tingkah laku prososial pada teman sebaya ≤ 35 (70%) dalam kategori baik. Tingkah laku prososial pada teman sebaya sebelum diadakan penelitian atau pra siklus mendapat 29,03% (sangat kurang), pada siklus I pertemuan pertama mendapat hasil rata-rata 33,80% (sangat kurang), pada pertemuan kedua mendapat hasil rata-rata 35,35% (kurang), pada pertemuan ketiga mendapat hasil rata-rata 43,16% (kurang). Dan pada siklus II pertemuan pertama mendapat hasil rata-rata 84,52% (kurang), pada pertemuan kedua mendapat hasil 62,19% (cukup), pada pertemuan ketiga mendapat hasil rata-rata 70,19% (baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan layanan penguasaan konten dengan teknik self management dapat meningkatkan tingkah laku prososial pada teman sebaya. Hasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwalayananpenguasaankontendapatmeningkatkantingkahlakuprososialpadatemansebayasiswakelas VIII G SMP 1 Bae Kudus.Demikianhipotesis yang diajukandapatditerimakarenamemenuhi indicator keberhasilan.Melihattemuanlapangan, penelitimemberikan saran kepada: 1. Kepadakepalasekolah, denganadanyadampakposistiflayananpenguasaankontendenganteknikself management, kepalasekolahdiharapkanmenggunakandasarkebijakan yang mendukungpelaksanaan program bimbingandankonseling. 2. Kepada guru pembimbing, diharapkanuntukmemaksimalkanlayananpenguasaankontendenganteknikself managementterutamadalamtingkahlakuprososialpadatemansebaya. 3. Kepadasiswa, diharapkansiswadapatmengaplikasikantingkahlakuprososialpadatemansebayasecara optimal

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Tingkah Laku Prososial Pada Teman Sebaya, Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Self Management.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 06 Oct 2014 02:00
Last Modified: 06 Oct 2014 02:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3330

Actions (login required)

View Item View Item