UPAYA MENINGKATKAN SIKAP ENTREPRENEURSHIP SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL KELAS X PS 1 SMK RADEN UMAR SAID KUDUS

TAUFAN, MUHAMMAD (2014) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP ENTREPRENEURSHIP SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL KELAS X PS 1 SMK RADEN UMAR SAID KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (33kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Sikap Entrepreneurship adalah respon, cara pandang dan pola pikir (mind set) individu terhadap hal yang dihadapinya seperti rasa takut, kesulitan, cobaan, kritikan, saran, tekanan, dan hambatan dalam menjalankan usaha. Dalam penelitian ini pada siswa kelas X PS 1 SMK Raden Umar Said Kudus sebagian besar mempunyai Sikap Entrepreneurship yang rendah, maka dalam pnelitian ini peneliti dalam menangani masalah tersebut menggunakan Layanan Penguasaan Konten dengan media audiovisual. Layanan Penguasaan Konten dengan media audiovisual sangat penting diberikan kepada siswa, karena diharapkan materi yang disampaikan melalui Layanan Penguasaan Konten ini dapat mengembangkan potensi, bakat, minat, dan kemampuan yang dimiliki siswa. Didalam Layanan Penguasaan Konten ini, peneliti akan memberikan materi mengenai “Sikap Entrepreneurship” dengan tujuan supaya siswa dapat menerapkan Sikap Entrepreneurship didalam dirinya. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan penerapan Layanan Penguasaan Konten dengan media audiovisual dalam meningkatkan Sikap Entrepreneurship dan menemukan peningkatan Sikap Entrepreneurship siswa setelah diterapkannya Layanan Penguasaan Konten dengan media audiovisual pada siswa kelas X PS 1 SMK Raden Umar Said Kudus Tahun Ajaran 2013/2014. Media audiovisual merupakan media yang dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi yang telah disampaikan dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan media audiovisual dengan cara menampilkan film/video yang berkaitan dengan materi yang disampaikan. Asumsi dalam penelitian ini adalah memberikan Layanan Penguasaan Konten dengan media audiovisual dengan menyampaikan materi tentang Sikap Entrepreneurship siswa, dibentuk menjadi dua tahap. Pertama, adalah tahap awal ini akan membuka pengetahuan baru untuk siswa sehingga siswa diharapkan memperoleh pemahaman dan pengalaman baru secara mendalam. Media yang digunakan dalam tahap awal adalah dengan memberikan Layanan Penguasaan Konten dalam bentuk klasikal dengan materi dari slide power point. Kemudian tahap kedua, mulai pemutaran dan menganalisis video/film yang berisi informasi tentang “Sikap Entrepreneurship”. Teknik pengumpulan data pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan beberapa metode observasi, metode wawancara dan dokumentasi. Pada aktivitas peneliti indikator high touch di siklus I pertemuan pertama ini memperoleh hasil rata-rata 56% (C) dan indikator high tech di siklus I ini memperoleh hasil rata-rata 53% (C). Sedangkan pada pretemuan kedua pada siklus I ini high touch memperoleh hasil rata-rata 64% (C) dan indikator high tech di siklus I ini memperoleh hasil rata-rata 61% (C). Sedangkan pada pertemuan ketiga pada siklus I ini high touch memperoleh hasil rata-rata 73% (B) dan indikator high tech di siklus I ini memperoleh hasil rata-rata 73% (B). Pada siklus II pertemuan pertama pemberian Layanan Penguasaan Konten terhadap aktivitas peneliti hasilnya masih perlu ditingkatkan. Pada aktivitas peneliti indikator high touch di siklus I pertemuan pertama ini memperoleh hasil rata-rata 73% (B) dan indikator high tech di siklus II ini memperoleh hasil rata-rata 78% (B). Sedangkan pada pretemuan kedua pada siklus II ini high touch memperoleh hasil rata-rata 80% (B) dan indikator high tech di siklus II ini memperoleh hasil rata-rata 82% (B). Sedangkan pada pertemuan ketiga pada siklus II ini high touch memperoleh hasil rata-rata 85% (SB) dan indikator high tech di siklus II ini memperoleh hasil rata-rata 87% (SB).. Sedangkan aktivitas siswa atau perilaku siswa dari pra siklus dan siklus I mengalami kenaikan sampai siklus II. Aktivitas siswa atau perilaku siswa dari pra siklus sampai siklus I mengalami kenaikan dari hasil sangat kurang menjadi sangat baik dari pra siklus hasil 8 siswa 22,22% (cukup),14 siswa 38,89% (kurang) , dan 14 siswa 38,89% (kurang). Siklus I pertemuan pertama hasil 4 siswa 11,11% (kurang), 25 siswa 69,44% ( kurang), dan 7 siswa 19,45% (cukup). Pada pertemuan 2 terdapat 18 siswa 50% (kurang), dan 18 siswa 50% (cukup). Pada pertemuan 3 terhadap 2 siswa 5,56% (kurang), 31 siswa 86,11% (cukup), dan 3 siswa 8,33% (baik). Siklus II pertemuan pertama hasil 6 siswa 16,67% (cukup), dan 30 siswa 83,33% (baik). Pada pertemuan 2 terdapat 36 siswa 100 % (baik). Pada pertemuan 3 terhadap 31 siswa 86,11% (baik), dan 5 siswa 13,89 % (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan Layanan Penguasaan Konten dengan media audiovisual dapat membantu siswa dalam meningkatkan Sikap Entrepreneurship pada siswa kelas X PS I SMK Raden Umar Said Kudus Tahun Ajaran 2013/2014. Saran yang diberikan: 1. Bagi sekolah, diharapkan dapat memberikan fasilitas kepada guru bimbingan dan konseling untuk melaksankan layanan penguasaan konten dengan media audiovisual untuk meningkatkan sikap entrepreneurship siswa, 2. Bagi guru, tidak mengesampingkan masalah sikap entrepreneurship, tetapi sebaliknya harus serius menanganinya, karena tinggi-rendahnya tingkat sikap entrepreneurship siswa akan berdampak pada kualitas siswa saat melaksanakan PRAKERIN, 3. Bagi siswa, secara aktif dapat memanfaatkan layanan penguasaan konten dengan media audiovisual sebagai salah satu media untuk meningkatkan kompetensinya, khususnya sikap entrepreneurship.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Layanan Penguasaan Konten Media Audiovisual, Sikap Entrepreneurship
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 06 Oct 2014 02:17
Last Modified: 06 Oct 2014 02:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3335

Actions (login required)

View Item View Item