PENERAPAN MODEL KONSELING GESTALT TEKNIKKURSI KOSONG UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN BERBICARA DI DEPANKELAS XI SMA 1 MEJOBO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Ayu Swasti Dhita Kartica, Diah (2014) PENERAPAN MODEL KONSELING GESTALT TEKNIKKURSI KOSONG UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN BERBICARA DI DEPANKELAS XI SMA 1 MEJOBO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (983Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (92Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (201Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (145Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (204Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (104Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (30Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (82Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (459Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Latarbelakangpenelitian, berdasarkanobservasipadatanggal 3 sampaidengan 5 Februari 2014, ditemukanbeberapasiswa di SMA 1 Mejobokelas XI keberanianberbicaramasihrendahseperti, tidakmengetahuiapa yang akandisampaikan, takutdikritik, takutditertawakan, takutmembuatkesalahan, pengalamanpahitmasalalu, kurangpercayadiri, danmerasaberadadalamsituasiasing. Rumusanmasalah: Apakahpenerapankonseling Gestalt denganmenggunakanteknikkursikosongdapatmeningkatkankeberanianberbicara di depankelas?Tujuanpenelitian: 1. Menemukanfaktor-faktor yang menyebabkansiswatidakberaniberbicara di depankelas.2. Teratasinyaperilakutidakberaniberbicara di depankelasmelaluilayanankonselingGestalt teknikkursikosong.Kegunaanpenelitian: 1. KegunaanTeoritis: Menambahkhasanahperpustakaan, danmenjadiacuandalampelaksanaankonseling Gestalt untukmengatasisiswa yang tidakberaniberbicara di depankelas. 2. KegunaanPraktis: a. Sebagaimasukandalammenentukankebijakanyang mendukungpelaksanaan program bimbingandankonseling di sekolah. b. BagikonselordijadikanacuandalampelaksanaanlayananbimbingandankonselingGestalt dalammenanganisiswa yang tidakberaniberbicara di depankelas. c. Bagisiswa, Membantumengentaskanpermasalahantidakberaniberbicaradi depankelas. Keberanianberbicara di depankelasadalahsikapsiswa yang menunjukkanketeguhanhati, tidakragu-ragudanpercayadiriketikadisuruh guru mengerjakantugas-tugasdi depankelasuntukmengemukakan ide ataupesanlisansecaraaktif. Konseling Gestalt adalahbentukkonselingtingkahlaku agar kliensecarasadardanbertanggungjawabmampumengaturdanmengarahkanhidupnyasecaraefektif.Teknikkursikosongadalahmendialogkanduakecenderungan yang salingbertentangan, yaitukecenderungantopdogdankecenderunganunderdog.Bermainproyeksiartinyamemantulkankepada orang lainperasaan-perasaan yang dirinyasendiritidakmaumelihatataumenerimanya. Teknikpembalikanadalahmemainkanperan yang berkebalikandenganperasaan-perasaan yang dikeluhkannya. Model konseling yang digunakankonseling Gestalt melaluiteknikkursikosong, bermainproyeksidanpembalikan.Jenispenelitiankualitatifdeskriptifdenganpendekatanstudikasus. Tempatpenelitian di SMA 1 Mejobo Kudus.Teknikpengumpulan data wawancara, observasi, dandokumentasi.Teknikanalisis data induktif system Bacon.Subyekpenelitian AMM, WBU dan AF. Hasilpenelitian: Klien I (AMM) tidakberaniberbicara di depankelaskarenatidakpercayadiridankemampuanberadaptasirendah, sehinggamenghambatkliendalammenyelesaikantugas-tugassekolahkarenaadanyaperasaan minder dankhawatirakankegagalan. Melaluikonseling Gestalt teknikkursikosongdalamtiga kali pertemuanklienmenjadiberaniberbicaradidepankelasdenganaktifmengikutipelajaran, mengajukanpertanyaandanmengerjakantugas di papantulis.Klien II (WBU) tidakberaniberbicaradi depankelaskarenakondisiekonomikeluarga yang kurangmampumembuatklienmenjadirendahdiridanpenyesuaiandiridenganlingkungansekolah yang rendah. Melaluikonseling Gestalt teknikbermainproyeksidalamtiga kali pertemuanklienmenjadiberaniberbicara di depankelasdenganaktifmengikutipelajaran, beranimengajukanpertanyaandandapatmenyesuaikandiridenganlingkungansekolah. Klien III (AF) tidakberaniberbicara di depankelaskarena rasa cemasdan trauma membuatklientakutdantidakmemilikikeyakinandiriuntukmengerjakantugas-tugaskedepankelas. Melaluikonseling Gestalt teknikpembalikandalamtiga kali pertemuanklienmenjadiberaniberbicara di depankelasdenganperasaanoptimisdapatmengerjakantugas-tugassekolahdenganbenar. Simpulanfaktor internal daneksternal yang mempengaruhiklien I (AMM) rendahdiridankemampuanberadaptasi yang rendah.Klien II (WBU) konsepdirinegatifdankondisiekonomi yang kurangmampu.Klien III (AF) merascemasdan trauma terhadappengalamanmasalalu.Disarankanbagisekolahmemonitoringdanevaluasiterhadapperilakusiswa, bagikonseloruntukmemberikankonseling Gestalt menggunakanteknik yang tepat, bagisiswauntukterbukadankooperatifdengankonselor, orang tuauntukmelatihanakuntukberbicara di depanumumdenganmemberikankesempatandalammengemukakanpendapatnya, danuntukpenelitiselanjutnyauntukmemperbakiteknikkonseling Gestalt.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: KonselingGestalt, KeberanianBerbicara di DepanKelas
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
                    Tanggal Deposit: 06 Oct 2014 11:41
                    Last Modified: 06 Oct 2014 11:41
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3350

                    Actions (login required)

                    View Item