IMPROVING WRITING SKILL OF DESCRIPTIVE TEXT OF TENTH GRADE STUDENTS OF MA NU BANAT KUDUS IN THE ACADEMIC YEAR 2013/2014 BY USING PICTURE SERIES

ALFIATUROHMANIAH, ERNI (2014) IMPROVING WRITING SKILL OF DESCRIPTIVE TEXT OF TENTH GRADE STUDENTS OF MA NU BANAT KUDUS IN THE ACADEMIC YEAR 2013/2014 BY USING PICTURE SERIES. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (706Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (174Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (241Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (199Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (291Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (191Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (144Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (157Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (11Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Satu diantara empat ketrampilan dalam bahasa inggris yang diajarkan disekolah adalah menulis, salah satu ketrampilan yang paling sulit untuk dipelajari. Dengan menulis kita dapat menyampaikan pemikiran, ide dan pengalaman kita dengan orang lain. Menulis membutuhkan beberapa ketrampilan dalam menemukan dan mengungkapkan ide tersebut secara koheren dan kohesi, bagaimana menulis dengan baik dan bagaimana memperbaiki tulisan kita hingga menjadi baik. Hal ini juga ditemukan pada siswa kelas X di MA NU Banat Kudus, mereka kesulitan untuk menemukan dan mengembangkan ide – ide dalam bentuk tulisan yang baik dan benar. Oleh karena itu, penulis ingin mengaplikasikan media gambar berseri yang bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan siswa khusunya dalam menulis teks deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan apakah gambar berseri dapat meningkatkan ketrampilan menulis teks deskriptif pada siswa kelas X MA NU Banat Kudus pada tahun pelajaran 2013/2014. Selanjutnya, penulis bermaksud untuk meningkatkan ketrampilan menulis siswa dengan mengusulkan gambar berseri sebagai salah satu media alternatif yang menyenangkan. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah gambar berseri dan penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan dua siklus yang diterapkan pada siswa kelas X1 MA NU Banat Kudus pada tahun pelajaran 2013/2014. Ada tiga instrument yang digunakan dalam penelitian ini. Diantaranya, lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, kuisoner digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa yang diajar menggunakan gambar berseri. Selanjutnya, penulis mengukur ketrampilan menulis siswa dengan memberikan test. Berdasarkan hasil dari analisa data peneletian, penulis menemukan bahwa telah terjadi peningkatan dalam ketrampilan menulis siswa di tiap siklus. Didalam siklus1, nilai rata-rata dari siswa dalam menulis teks deskriptif adalah 70.6. Sesudah itu, nilai rata-rata tersebut diubah kedalam bentuk presentase menjadi 78.4 %. Hal tersebut berarti bahwa kategori ketrampilan menulis siswa pada siklus tersebut masuk dalam kategori bagus. Didalam siklus 2, nilai rata-rata dari siswa dalam menulis teks deskriptif adalah 83.1. Kemudian, nilai rata-rata tesebut diubah kedalam bentuk presentase menjadi 92.3 %. Hal ini berarti bahwa kategori menulis siswa pada siklus 2 termasuk dalam kategori baik sekali (unggul). Hal ini dapat disimpulkan bahwa gambar berseri dapat meningkatkan ketrampilan menulis teks deskriptif siswa kelas X di MA NU Banat Kudus pada tahun pelajarn 2013/2014. Selain itu, Gambar berseri dapat merangsang pemikiran siswa dari hal yang masih samar menjadi hal yang nyata. Oleh karena itu, dengan menggunakan media gambar berseri dapat menulis dengan baik dan benar. Kemudian penulis berharap akan ada penelitian selanjutnya tentang penggunaan gambar berseri dalam meningkatkan ketrampilan menulis siswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Menulis, Gambar Berseri, Penelitian Tindakan Kelas
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
                    Tanggal Deposit: 11 Oct 2014 10:21
                    Last Modified: 11 Oct 2014 10:21
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3383

                    Actions (login required)

                    View Item