IMPROVING THE LISTENING ABILITY OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP 4 KUDUS IN ACADEMIC YEAR 2013/2014 BY USINGMOVIE

DWI RAKHMAWATI, JUNIAR (2014) IMPROVING THE LISTENING ABILITY OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP 4 KUDUS IN ACADEMIC YEAR 2013/2014 BY USINGMOVIE. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (651Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (264Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (227Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (192Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (282Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (81Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (65Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (48Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2009Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Setiap orang telah belajar tentang bahasa sejak kecil, khususnya tentang bahasa ibu. Proses itu secara alami sedikit banyak mempengaruhi dalam komunikasi bermasyarakat. Pemahaman mendengar sangat penting karena para siswa belajar bantuk tentang penguasaan kata dan grammar dari aktifitas mendengarkan. Siswa-siswa berkomunikasi melalui jalan cerita sebuah film, melalui audio dan visual dan gambaran sebuah dialog dan cerita yang potensial dari kehidupan nyata, menggunakan emosi, nada dan logat yang terkadang terjadi di luar lingkungan sekolah. Siswa kelas delapan SMP 4 Kudus mempunyai masalah dalam proses belajar, khususnya dalam kemampuan mendengar. Melalui percakakapn pribadi dengan guru, para siswa masih kesulitan dalam memahami teks dan susah menangkap kata dengan baik dan nilai para siswa juga masih dibawah KKM. Untuk menyelesaikan masalah ini, penulis menggunakan film sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan. Film sebagai meida pembelajaran memberikan kesempatan kepada pelajar untuk mengakses banyak informasi sambil mendengarkan. Siswa-siswa juga tidak hanya mendengar suara tapi juga mereka bisa melihat isi dari film itu. Tujuan utama penelitian ini umtuk mengetahui apakah film sebagai media pembelajaran bisa meningkatkan kemampuan mendengar pada siswa-siswa kelas delapan SMP 4 Kudus tahun ajaran 2013/2014. Untuk mengetahui peningkatan diatas, penulis juga harus mengetahui penerapan film dan juga kemampuan mendengar siswa kelas delapan. Model penelitian ini adalah penelitian dalam kelas. Penelitian ini diadakan di dalam kelas dengan tujuan meningkatkan kemampuan mendengar siswa kelas delapan SMP 4 Kudus. Penulis mengadakan penelitian dua siklus, setiap siklus ada dua film. Guru mengajar siswa menggunakan film dan penulis mengamati kegiatan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan film. Disini, penulis mengguanakan observation sheet untuk mengetahui prosess belajar mengajar siswa dan tes untuk mengukur kemampuan mendengar siswa kelas delapan. Analisis data menunjukkan bahwa film dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan pada siswa kelas delapan SMP 4 Kudus. Dari perhitungan, rata-rata nila dari siklus pertama adalah 70.69 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai xii terendah 40. Pada siklus kedua ada peningkatan yang signifikan dari nilai siswa. Rata-rata nilai adalah 90.34 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 80. Ini menunjukkan bahwa kemampuan mendengar siswa meningkat. Dari observation sheet, penulis juga mengetahui bahwa siswa terlihat bahagia dan menirukan suara film jadi mereka tidak merasa bosan. Dari fakta diatas, penulis menyarankan untuk guru Bahasa Inggris bisa menggunakan film sebagai media pembelajaran bukan hanya untuk skill mendengar tapi juga pada keahlian lain untuk membuat situasti belajar mengajar yang berbeda dan memecahkan masalah guru selama prosess belajar mengajar. Untuk siswa, mereka juga bisa meggunakan film sebagai media belajar untuk membuat siswa senang, nyaman dan meningkatkan kosakata mereka.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Kemampuan mendengarkan, film, siswa kelas delapan SMP 4 Kudus
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
                    Tanggal Deposit: 18 Oct 2014 10:55
                    Last Modified: 18 Oct 2014 10:55
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3398

                    Actions (login required)

                    View Item