PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK SISWA KELAS IV SDN 2 BAKALAN KRAPYAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

HIDAYAH, NURUL (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK SISWA KELAS IV SDN 2 BAKALAN KRAPYAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (300kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (208kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (81kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (119kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Bakalan Krapyak. Permasalahan tersebut disebabkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) apakah terjadi peningkatan hasil belajar IPS materi koperasi setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT? 2) apakah terjadi peningkatan aktivitas siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran IPS materi koperasi? 3) apakah terjadi peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaraan pada mata pelajaran IPS materi koperasi? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1) menemukan peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi koperasi 2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi koperasi 3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada mata pelajaran IPS materi koperasi. Hasil belajar IPS adalah perubahan kemampuan siswa berupa pencapaian hasil dari proses belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Numbered Heads Together adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang melatih siswa untuk aktif belajar secara berkelompok dan berkomunikasi memecahkan masalah yang diberikan guru. Hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi koperasi, maka hasil belajar IPS siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas IV SDN 2 Bakalan Krapyak tahun pelajaran 2013/2014 meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain PTK Kemmis & Mc Taggart, yang menggunakan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Bakalan Krapyak dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran pembelajaran tipe NHT pada pembelajaran IPS, dapat: (1) meningkatkan hasil belajar siswa, pada pra siklus menunjukkan nilai rata- xii rata 66,19 dengan ketuntasan klasikal 37,9%, siklus I menunjukkan rata-rata nilai sebesar 68,9 dengan ketuntasan klasikal 58,7%, pada siklus II hasil belajar IPS siswa menunjukkan peningkatan dengan rata-rata nilai sebesar 73,7 dan ketuntasan klasikal 82,8%, (2) hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, pada siklus I diperoleh persentase sebesar 60,1% dengan kriteria ”tinggi” dan meningkat pada siklus II menjadi 69,5% dengan kriteria “tinggi”, (3) hasil pengamatan pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I mendapat persentase sebesar 63,9% dengan kriteria “tinggi” dan meningkat pada siklus II menjadi 72,8% dengan kriteria “tinggi”. Kesimpulan penelitian ini ialah hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, serta ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas IV SDN 2 Bakalan Krapyak dapat meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Adapun saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran IPS serta model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat dijadikan alternatif solusi bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT, hasil belajar IPS, koperasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 18 Oct 2014 04:28
Last Modified: 18 Oct 2014 04:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3401

Actions (login required)

View Item View Item