PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SDN 04 GONDANGAMANIS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

MULYANI, TRI (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SDN 04 GONDANGAMANIS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (291Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (162Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (235Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (265Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (618Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (208Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (103Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (154Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2667Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV SD 4 Gondangmanis Bae Kudus yang diperoleh dari data observasi awal. Tujuan Penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Menerapkan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sebagai upaya pencapaian kompetensi dalam mata pelajaran PKn. 2) Meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PKn bagi kelas IV dengan diterapkannya model think pair share. 3) Meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar pembelajaran PKn bagi siswa kelas IV dengan diterapkannya model think pair share. Think Pair Share merupakan model pembelajaran yang dilaksanakan secara berkelompok yang terdiri dari 2 orang siswa dengan ciri khas berpikir, berpasangan, dan berbagi. Model pembelajaran ini digunakan untuk membangun interaksi antar siswa menjadi lebih baik dengan berpasangan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Think Pair Share diduga dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan aktivitas belajar siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar PKn kelas IV Semester 2 SD 4 Gondangmanis Bae Kudus materi kebudayaan Indonesia. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SD 4 Gondangmanis Bae Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Prosedur penelitian ini terdiri dari (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian terbukti menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa materi kebudayaan Indonesia dengan persentase ketuntasan 75 % (baik) pada siklus I menjadi 81,25 % (baik) pada siklus II. Aktivitas belajar siswa juga meningkat dengan persentase rata-rata siklus I 66,78% (baik) dan pada siklus II memperoleh prosentase 83,6% (baik). keterampilan guru pada pembelajaran PKn dengan model Think Pair Share juga mengalami peningkatan dari persentase 69,11% (baik) pada siklus I dan diperoleh persentase 86,75% (sangat baik) pada siklus II. Simpulan penelitian dapat dijelaskan bahwa penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn materi kebudayaan Indonesia kelas IV SD 4 Gondangmanis Bae Kudus. Saran yang diberikan kepada guru hendaknya lebih variatif dalam menggunakan model xi pembelajaran seperti model Think Pair Share pada pembelajaran PKn, bagi siswa hendaknya lebih aktif dalam pembelajaran, dan bagi sekolah agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang baik melalui guru yang profesional.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Think Pair Share, hasil belajar
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
                    Tanggal Deposit: 18 Oct 2014 11:39
                    Last Modified: 18 Oct 2014 11:39
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3402

                    Actions (login required)

                    View Item