PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMBUATAN KARYA/MODEL PERUBAHAN ENERGI KELAS IV SD 3 HADIWARNO

NOVITASARI, RENNY (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMBUATAN KARYA/MODEL PERUBAHAN ENERGI KELAS IV SD 3 HADIWARNO. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (884kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (117kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SD 3 Adiwarno. Dari 27 siswa yang mencapai KKM (60) hanya 13 siswa (48,15%) sedangkan 14 (51,85%) siswa belum mencapai KKM. Hasil belajar IPA yang rendah disebabkan karena (1) proses pembelajaran yang terjadi masih menggunakan metode ceramah yang berpusat pada guru, (2) guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan kerja ilmiah dalam pembelajaran IPA, (3) siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model Problem Based Instruction. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model Problem Based Instruction dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar IPA pada materi pembuatan karya/model perubahan energi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar IPA dengan menerapkan model Problem Based Instruction pada materi pembuatan karya/model perubahan energi. Problem Based Instruction adalah suatu model pembelajaran dimana siswa mengerjakan permasalahan yang autentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inkuiri dan keterampilan berpikir tingkat lebih tinggi, mengembangkan kemandirian dan percaya diri. Hasil belajar IPA adalah perubahan yang terjadi pada siswa sebagai hasil dari proses pembelajaran IPA. Hipotesis dalam penelitian ini adalah melalui model Problem Based Instruction dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SD 3 Adiwarno Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Problem Based Instruction sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen tes menggunakan validitas empiris dengan rumus korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas data menggunakan teknik K-R 20. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. xii Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Instruction dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Pada siklus I keterampilan guru memperoleh skor rata-rata 2,66 dengan kriteria baik dan pada siklus II skor rata-rata meningkat menjadi 3,44 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2,57 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi 3,40 dengan kriteria sangat baik. Nilai rata-rata hasil belajar IPA pada siklus I sebesar 70,74 dengan ketuntasan belajar klasikal 70,37% dan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 76,67 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,50% Simpulan pada penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Instruction dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pembuatan karya/model perubahan energi pada siswa kelas IV SD 3 Adiwarno tahun 2013/2014. Saran dalam penelitian ini bagi guru hendaknya mampu menciptakan proses pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Salah satunya dengan menerapkan model Problem Based Instruction yang memberikan kesempatan lebih banyak pada siswa untuk melaksanakan kerja ilmiah melalui kegiatan percobaan khususnya pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Model Problem Based Instruction, Hasil Belajar IPA, Pembuatan Karya/Model Perubahan Energi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 18 Oct 2014 05:15
Last Modified: 18 Oct 2014 05:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3407

Actions (login required)

View Item View Item