PENGUKURAN KINERJA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD(Studi Kasus di SMK NU Ma’arif Kudus)

BUDI ANSYAR, ERVAN (2014) PENGUKURAN KINERJA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD(Studi Kasus di SMK NU Ma’arif Kudus). Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal_judul.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB_I_BSC_ERVAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (944kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II_BSC_ERVAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III_BSC_ERVAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV_BSC_ERVAN_final.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V_BSC_ERVAN_final.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (655kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini melakukan pengukuran kinerja sekolah dengan pendekatan balanced scorecard, terutama di sekolah SMK NU Ma’arif Kudus. Balanced Scorecard (BSC) merupakansistemmanajemenstrategis yang menerjemahkanvisidanmisi, sertastrategikedalamtujuandanukuranoperasional yang kemudiandinyatakankedalamperspektifkeuangan, pelanggan, proses bisnis internal sertapembelajarandanpertumbuhan. Olehkarenaitu BSC merupakansalahsatumetodepengukurankinerja yang lebihkomprehensif, koheren, seimbang,danterukur. Penelitianinibertujuanuntuk (1) Merancangsistempengukurankinerjadengan BSC di SMK NU Ma’arif Kudus, dan (2) Mengukurpencapaiankinerja SMK NU Ma’arif Kudus padatahun 2013 dengan BSC. Pengukurankinerjadilakukandenganmenetapkansasaranstrategisdanukuranhasilbesertaukuranpendorongpadamasing-masingperspektif. Pengukurankinerja SMK NU Ma’arif Kudus dengan BSC menggunakan data primer dansekunder. Data primer merupakanhasildariwawancara, kuesioner, danobservasilapangan. Sementara data sekunderdidapatdariliteraturbaikberupabuku, jurnal, skripsi, data perusahaan, danpublikasilainnya. Pengolahan data kuantitatifdilakukandenganbantuanperangkatlunakMicrosof ExceldanSPSS 17.0 denganpendekatan rata-rata, rasio, angkaindeks, pembobotan, tabulasisilangdanpaired comparison. Sementarauntuk data kualitatifmenggunakanpendekatandeskriptif. Skor BSC SMK NU Ma’arif Kudus tahun 2013 menunjukkanpencapaianskorsecarakeseluruhansangat baik. Empat perspektif dari balanced scorecard yaitu : 1). Perspektif Keuangan dengan hasil baik, skor maksimal sebesar 4,92 dan skor minimal sebesar 2,35, 2). Perspektif Pelanggan dengan hasil sangat baik, skor maksimal sebesar 4,47 dan skor minimal sebesar 4,00, 3). Perspektif Proses Bisnis Internal dengan hasil sangat baik dengan skor 9471, 4). Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan dengan hasil sangat baik, skor maksimal sebesar 4,40 dan skor minimal sebesar 4,00.Pencapiankinerja SMK NU Ma’arif Kudus dikategorikansangat baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Kata Kunci: Kinerja sekolah, Balanced scorecard, Perspektif keuangan, Perspektif proses bisnis internal, Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Magister Manajemen (S2)
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 22 Oct 2014 05:05
Last Modified: 22 Oct 2014 05:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3413

Actions (login required)

View Item View Item