PENGUKURAN KINERJA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD(Studi Kasus di SMK NU Ma’arif Kudus)

BUDI ANSYAR, ERVAN (2014) PENGUKURAN KINERJA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD(Studi Kasus di SMK NU Ma’arif Kudus). Tesis Magister thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (2145Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (922Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (3549Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (1221Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (3073Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (503Kb) | Request a copy
              [img]
              Tinjau ulang
              PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
              Download (640Kb) | Tinjau ulang
                [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (2153Kb) | Request a copy

                  Abstrak

                  Penelitian ini melakukan pengukuran kinerja sekolah dengan pendekatan balanced scorecard, terutama di sekolah SMK NU Ma’arif Kudus. Balanced Scorecard (BSC) merupakansistemmanajemenstrategis yang menerjemahkanvisidanmisi, sertastrategikedalamtujuandanukuranoperasional yang kemudiandinyatakankedalamperspektifkeuangan, pelanggan, proses bisnis internal sertapembelajarandanpertumbuhan. Olehkarenaitu BSC merupakansalahsatumetodepengukurankinerja yang lebihkomprehensif, koheren, seimbang,danterukur. Penelitianinibertujuanuntuk (1) Merancangsistempengukurankinerjadengan BSC di SMK NU Ma’arif Kudus, dan (2) Mengukurpencapaiankinerja SMK NU Ma’arif Kudus padatahun 2013 dengan BSC. Pengukurankinerjadilakukandenganmenetapkansasaranstrategisdanukuranhasilbesertaukuranpendorongpadamasing-masingperspektif. Pengukurankinerja SMK NU Ma’arif Kudus dengan BSC menggunakan data primer dansekunder. Data primer merupakanhasildariwawancara, kuesioner, danobservasilapangan. Sementara data sekunderdidapatdariliteraturbaikberupabuku, jurnal, skripsi, data perusahaan, danpublikasilainnya. Pengolahan data kuantitatifdilakukandenganbantuanperangkatlunakMicrosof ExceldanSPSS 17.0 denganpendekatan rata-rata, rasio, angkaindeks, pembobotan, tabulasisilangdanpaired comparison. Sementarauntuk data kualitatifmenggunakanpendekatandeskriptif. Skor BSC SMK NU Ma’arif Kudus tahun 2013 menunjukkanpencapaianskorsecarakeseluruhansangat baik. Empat perspektif dari balanced scorecard yaitu : 1). Perspektif Keuangan dengan hasil baik, skor maksimal sebesar 4,92 dan skor minimal sebesar 2,35, 2). Perspektif Pelanggan dengan hasil sangat baik, skor maksimal sebesar 4,47 dan skor minimal sebesar 4,00, 3). Perspektif Proses Bisnis Internal dengan hasil sangat baik dengan skor 9471, 4). Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan dengan hasil sangat baik, skor maksimal sebesar 4,40 dan skor minimal sebesar 4,00.Pencapiankinerja SMK NU Ma’arif Kudus dikategorikansangat baik.

                  Tipe dokumen: Skripsi (Tesis Magister)
                  Uncontrolled Keywords: Kinerja sekolah, Balanced scorecard, Perspektif keuangan, Perspektif proses bisnis internal, Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan
                  Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
                  Divisions: Fakultas Ekonomi > Magister Manajemen (S2)
                  Depositing User: pustakawan umk
                  Tanggal Deposit: 22 Oct 2014 12:05
                  Last Modified: 22 Oct 2014 12:05
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3413

                  Actions (login required)

                  View Item