PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH PGRI SE-KABUPATEN KUDUS

SUSILO KURNIAWAN, HARRY (2014) PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH PGRI SE-KABUPATEN KUDUS. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal.judul.pdf - Accepted Version

Download (789kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (790kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA(1).pdf - Accepted Version

Download (265kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara supervisi Kepala Sekolah dan motivasi kerja guru dengan kinerja guru Sekolah PGRI Se-Kabupaten Kudus. Kegiatan supervisi pendidikan dan motivasi kerja sangat diperlukan oleh guru, karena bagi guru yang bekerja setiap hari di sekolah tidak ada pihak lain yang lebih dekat dan mengetahui dari dalam segala kegiatannya, kecuali Kepala Sekolah. Guru merupakan salah satu faktor penentu rendahnya mutu hasil pendidikan. Maka perlu adanya supervisi oleh Kepala Sekolah dan motivasi kerja yang tinggi dari guru. Metode penelitian yang dugunakan adalah metode survei. Responden penelitian adalah guru-guru pada Sekolah PGRI Se-Kabupaten Kudus sebanyak 77 orang yang dipilih secara acak sederhana dari kerangka sampling berjumlah 154 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang berbentuk angket, untuk variabel supervisi Kepala Sekolah, motivasi kerja dan kinerja guru. Instrumen dikalibrasi dengan menggunakan validitas butir dan koefisien reliablitas. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji multikolonieritas, autokorelasi, heteroskedastisitas dan normalitas. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik parsial dan ganda, serta menggunakan persamaan regresi liniear sederhana dan ganda. Hasil uji keberartian koefisien korelasi ganda (Ry(1,2)), diperoleh harga F hitung sebesar 17,283. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan F tabel pada df = 2 lawan 77 dan taraf signifikansi 5%, diperoleh F tabel sebesar 3,13. Dengan demikian dinyatakan signifikan (17,283 > 3,13). Secara parsial diketahui supervisi Kepala Sekolah signifikan terhadap kinerja guru dengan hasil nilai R hitung lebih besar dari R tabel (0,452 > 0,227). Dan motivasi kerja signifikan terhadap kinerja guru dengan hasil nilai R hitung lebih besar dari R tabel (0,514 > 0,227). Hasil penelitian tersebut memberi implikasi bahwa untuk meningkatkan kinerja guru dengan cara memperbaiki pelaksanaan supervisi Kepala Sekolah dan meningkatkan motivasi kerja. Perbaikan Supervisi Kepala Sekolah dapat diperbaiki dengan cara: Kepala Sekolah dan guru saling bekerjasama dalam memecahkan masalah, Kepala Sekolah dalam memberikan supervisi menggunakan pendekatan kekeluargaan, guru dapat menanggapi supervisi dari Kepala Sekolah dengan terbuka dan senang hati, supervisi dilakukan untuk memecahkan masalah bersama bukan untuk mencari kesalahan, dan supervisi dilaksanakan secara kontinyu dan terjadwal. Sedangkan untuk peningkatan motivasi kerja para guru dapat dilakukan dengan cara: mendorong guru untuk tekun menghadapi tugas, ulet menghadapi kesulitan, menunjukkan minat menyelesaikan masalah, senang bekerja mandiri, dan lain sebagainya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Kinerja Guru
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Magister Manajemen (S2)
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 22 Oct 2014 05:14
Last Modified: 22 Oct 2014 05:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3414

Actions (login required)

View Item View Item