BY USING FLASHCARD IN THE FOURTH GRADE OF SD N 6 JEKULO KUDUS IN ACADEMIC YEAR 2013/2014

FITRIANA , ANNIS (2014) BY USING FLASHCARD IN THE FOURTH GRADE OF SD N 6 JEKULO KUDUS IN ACADEMIC YEAR 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (337Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (122Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (183Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (195Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (431Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (194Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (147Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (64Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3270Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Siswa SD diharapkan untuk menguasai kosakata yang cukup untuk mendukung kemampuan bahasa inggris mereka ke tingkat berikutnya. Setelah siswa mengetahui kosakata yang cukup, hal itu akan membantu proses belajar mereka menjadi lebih mudah dengan hasil yang maksimal. Namun fakta menunjukan bahwa banya siswa mengalami kesulitan untuk menguasai kosakata bahasa inggris mereka. Flashcard merupakan salah satu media pemngajaran yang dapat membuat siswa lebih tertarik dan termotivasi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui jika flashcard dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata di kelas empat SD N 6 Jekulo Kudus tahun akademik 2013/2014; (2) mendiskripsikan respon siswa dalam media flashcard yang bertujuan untuk meningkatkan kosakata mereka. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK, setiap siklus terdiri atas 4 tahapan, yaitu: rencana, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas empat SD N 6 Jekulo Kudus tahun akademik 2013/2014 dengan jumlah siswa 30. Penelitian ini menggunakan 3 macam teknik pengumpulan data, yaitu: Observasi, tes, dan angket. Hasilnya menunjukan bahwa penguasaan kosakata bahasa inggris siswa kelas empat SD N 6 Jekulo Kudus menggunakan flashcard tahun akademik 2013/2014 sebelum diajarkan menggunakan flashcard di kategorikan buruk. Nilai rata-rata 57. Setelah melakukan II siklus penguasaan kosakata siswa meningkat. Pada sikus I ada 23% siswa yang mendapat nilai “buruk”, sedangkan pada sikus II yang mendapatkan nilai “buruk” (6%). Tidak satupun siswa (0%) mendapat “kurang” pada siklus I tetapi (10%) pada sikus II. Di lain pihak siswa mendapat nilai “cukup” menurun dari (16%) dari siklus I menjadi (6%) pada sikus II. Pada siklus I ada (16%) siswa mandapat nilai “bagus” meningkat menjadi (30%) di sikus II. Para siswa yang mendapat nilai “sangat bagus” (16%) pada sikus I menjadi (33%) di siklus II. Tetapi dari (6%) siswa yang mendapat nilai “sempurna” pada siklus I meningkat menjadi (23%) pada siklus 2. Selain itu ada peningkatan pada penguasaan kosakata siswa pada setiap sikus. Jadi penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa: (1) flashcard dapat meningkatkan penguasaan kosakata dari siswa kelas empat SD N 6 Jekulo Kudus pada tahun akademik 2013/2014; (2) responssiswatertarikmenggunakan flashcard sebagai media mereka, merekaaktifdanbersemangatsaatpembelajaran. Penulisberharapuntukguru bahasaInggrisdanuntuklebihlanjutpelaksanaanpenelitianflashcarddapatmeningkatkanpenguasaankosakatadi sekolahdasar; Mediainimembuatsiswalebihaktif, kreatifdanmenyenangkan

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: PenguasaanKosakata, Flashcard
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
                    Tanggal Deposit: 24 Oct 2014 13:50
                    Last Modified: 24 Oct 2014 13:50
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3433

                    Actions (login required)

                    View Item