ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA UPT PENDIDIKAN KECAMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS

FARCHAH, . (2014) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA UPT PENDIDIKAN KECAMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (284kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (114kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (303kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (164kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (445kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (111kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (106kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (714kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Dalam meningkatkan prestasi kerja pegawai,salah satunya dengan cara meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam menjalankan tugas-tugas perusahaan melalui pelatihan atau training. Melalui pelatihan dan pengembangan diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia dalam menjalankan tugas yang dijalankan. Untuk mendapatkan pegawai yang mempunyai pengetahuan dan skill yang luas, maka pimpinan UPT Pendidikan Kecamatan Undaan yang bergerak dibidang Pendidikan Pemuda dan Olah Raga perlu melakukan pelatihan mengingat bahwa kegiatan tersebut berhubungan langsung dengan masalah sumber daya manusia. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai yaitu : untuk menganalisis Untuk menganalisisis dan menguji faktor-faktor pelatihan kerja terhadap peningkatan prestasi kerja pegawai UPT Pendidikan Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus.Hipotesis yang diajukan yaitu: 1)Diduga ada pengaruh secara signifikan materi pelatihan (X1) terhadap peningkatan prestasi kerja pegawai (Y). 2)Diduga ada pengaruh secara signifikan kemampuan pelatih (X2) terhadap peningkatan prestasi kerja pegawai (Y).3)Diduga ada pengaruh secara signifikan metode pelatihan (X3) terhadap peningkatan prestasi kerja pegawai (Y).4)Diduga ada pengaruh secara signifikan keaktifan peserta pelatihan (X4) terhadap peningkatan prestasi kerja pegawai (Y).Serta ada pengaruh secara berganda faktor-faktor pelatihan yang terdiri dari materi pelatihan (X1), kemampuan pelatih / instruktur (X2), metode pelatihan (X3) dan keaktifan peserta pelatihan (X4) berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan prestasi kerja pegawai (Y).Dalam penelitian ini terdapat variabel independen yang digunakan yaitu : materi pelatihan (X1), kemampuan pelatih / instruktur (X2), metode pelatihan (X3) dan keaktifan peserta pelatihan (X4). Variabel dependen yang digunakan adalah prestasi kerja pegawai (Y). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 78 pegawai. Sampel yang digunakan sebanyak 65 pegawai dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Analisis datanya menggunakan analisis kuantitatif meliputi, analisis regresi,uji hipotesis (uji t dan uji F), serta Adjusted R Square (R2). Dari Hasil analisis data yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Ada pengaruh positif dan signifikan variabel materi pelatihan terhadap peningkatan kerja pegawai pada UPT Pendidikan Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus yang didasarkan pada hasil pengujian nilai thitung sebesar 5,072 memiliki nilai thitung> dari nilai ttabel sebesar 2,000, dengan koefisien regresi 0,596 dan Prob Sig. Sebesar 0,000 atau 0% di bawah 0,05. 2. Ada pengaruh positif dan signifikan variabel kemampuan pelatih/instruktur terhadap peningkatan kerja pegawai pada UPT Pendidikan Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus yang didasarkan pada hasil pengujian nilai thitung sebesar 2,024 memiliki nilai thitung> dari nilai ttabel sebesar 2,000, dengan koefisien regresi 0,208 dan Prob Sig. Sebesar 0,047 atau 0% di bawah 0,05. 3. Ada pengaruh positif dan signifikan variabel metode pelatihan terhadap peningkatan kerja pegawai pada UPT Pendidikan Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus yang didasarkan pada hasil pengujian nilai thitung sebesar 3,038 memiliki nilai thitung> dari nilai ttabel sebesar 2,000, dengan koefisien regresi 0,348 dan Prob Sig. Sebesar 0,004 atau 0% di bawah 0,05. 4. Ada pengaruh positif dan signifikan variabel keaktifan peserta pelatihan terhadap peningkatan kerja pegawai pada UPT Pendidikan Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus yang didasarkan pada hasil pengujian nilai thitung sebesar 2,523 memiliki nilai thitung> dari nilai ttabel sebesar 2,000, dengan koefisien regresi 0,334 dan Prob Sig. Sebesar 0,014 atau 0% di bawah 0,05. 5. Ada pengaruh positif dan signifikan variabel materi pelatihan, kemampuan pelatih/instruktur, metode pelatihan, keaktifan peserta pelatihan secara berganda terhadap peingkatan prestasi pegawai pada UPT Pendidikan Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus secara berganda yang didasarkan pada hasil pengujian nilai Fhitung sebesar 25,44 memiliki nilai Fhitung> dari nilai ttabel sebesar 2,53, dan Prob Sig. Sebesar 0,000 di bawah 0,05. 6. Dari keempat variabel yang mempengaruhi peningkatan prestasi kerja pegawai UPT Pendidikan Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus, faktor yang paling berpengaruh sangat dominan dalam peningkatan prestasi kerja pegawai adalah materi pelatihan, hal ini terlihat dari hasil analisis regresi sebesar 0,596 dengan t hitung 5,072.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Faktor – Faktor Pelatihan Kerja, Prestasi Kerja Pegawai
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 08 Nov 2014 02:09
Last Modified: 08 Nov 2014 02:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3525

Actions (login required)

View Item View Item