PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS IV SD N 2 GEMIRING KIDUL

USWATUN HASANAH, DIAN (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS IV SD N 2 GEMIRING KIDUL. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (457Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (141Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (240Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (245Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (635Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (156Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (108Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (135Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Download (3140Kb)

                    Abstrak

                    Proses pembelajaran yang kurang berhasil dapat menyebabkan siswa kurang berminat untuk belajar. Minat belajar siswa yang rendah ditunjukkan dari kurangnya aktivitas belajar, interaksi dalam proses pembelajaran dan persiapan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Guru harus bijaksana dalam mengembangkan kemampuan berfikir siswa, melibatkan peran aktif siswa dan berorientasi pada masalah- masalah kontekstual sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model Quantum Teaching dengan langkah- langkah TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi) dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan pada siswa kelas IV SDN 2 Gemiring Kidul Nalumsari Jepara. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Gemiring Kidul dengan subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas IV. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, perlakuan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data penelitian dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan yang cukup signifikan antara prasiklus (65%), siklus I (82 %), dan siklus II (91 %) dan di dukung dengan peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dari skor rata-rata siklus I 68% (baik) menjadi 70% (baik) di siklus II. Pengelolaan pembelajaran Quantum Teaching juga mengalami peningkatan dari skor rata- rata siklus I 78% (baik) menjadi 87% (sangat baik) pada siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SD N 2 Gemiring Kidul. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 2 Gemiring Kidul dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SDN 2 Gemiring Kidul. Secara dari penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan model Quantum Teaching sebagai salah satu alternatif solusi dalam mengatasi permasalahan- permasalahan pembelajaran matematika di kelas.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Hasil Belajar Matematika, Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
                    Tanggal Deposit: 08 Nov 2014 09:59
                    Last Modified: 08 Nov 2014 09:59
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3530

                    Actions (login required)

                    View Item