LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS IV TUNAGRAHITA SDLB NEGERI KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

RUSTIANI, ANASTASIA (2014) LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS IV TUNAGRAHITA SDLB NEGERI KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (525Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (72Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (219Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (231Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (145Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (43Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (24Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (124Kb) | Tinjau ulang
                  [img]
                  Tinjau ulang
                  PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Download (4Mb) | Tinjau ulang

                    Abstrak

                    Bahasa merupakan hal yang penting untuk berkomunikasi dalam kehidupan. Dalam mengajarkan bahasa khususnya terhadap anak tunagrahita sedang sebelumnya perlu dibuat perencanaan yang matang dan sistematis berdasarkan karakter anak. Hal ini dimaksudkan supaya pelajaran yang diberikan dapat dimengerti oleh anak. Oleh karena itu anak dituntun untuk banyak berlatih membaca karena melalui membaca seseorang memperolah berbagai pengetahuan. Anak tunagrahita di kelas IV di SDLB Negeri Kaliwungu Kudus, pada umumnya mengalami kesulitan dalam menerima dan memahami pelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam hal membaca. Kesulitan yang dialami oleh siswa di kelas IV SDLB Negeri Kaliwungu disebabkan kurangnya bimbingan belajar dari orangtua dan juga karena kurangnya bimbingan dari guru kelasnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Layanan Bimbingan Belajar dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV Tunagrahita SDLB negeri Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014?” Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan kemampuan siswa dalam membaca sebelum dan sesudah penerapan layanan bimbingan belajar pada siswa kelas IV Tunagrahita SDLB Negeri Kaliwung Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. 2. Mengetahui seberapa besar layanan belajar untuk meningkatkan kemampuan membaca yang dimiliki siswa dengan menggunakan layanan bimbingan belajar pada siswa kelas IV Tunagrahita SDLB Negeri Kaliwung Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Kegunaan teoritis dalam penelitian ini adalah: Penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dalam pegembangan konsep layanan bimbingan dan konseling, khususnya layanan yang menyangkut tentang upaya meningkatkan kemampuan membaca melalui layanan bimbingan belajar. Kegunaan praktis dalam penelitian ini adalah: 1. Kepala Sekolah: Dapat menjadi acuan bagi kepala sekolah agar dapat memfasilitasi guru pembimbing dan memberikan layanan bimbingan secara optimal. 2. Guru Pembimbing: Sebagai bahan acuan untuk melaksanakan layanan bimbingan konseling secara optimal, dan mengetahui betapa pentingnya layanan bimbingan belajar bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan belajar. 3. Bagi siswa: Siswa dapat mengatasi masalah yang dialami, sehingga siswa dapat meningkatkan kemapuan membaca yang kurang dalam dirinya. Layanan bimbingan belajar adalah bimbingan yang diarahkan untuk membantu para individu dalam menghadapi dan memecahkan masalah-masalah akademik dengan cara mengembangkan suasana-suasana belajar-mengajar yang kondusif agar terhindar dari kesulitan belajar. Membaca pada sekolah dasar kelas 4 tunagrahita merupakan kegiatan belajar mengenal bahasa tulis serta mengutarakan vokal yang baik dalam kegiatan membaca. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah, deskriptif dan kualitatif melalui prosedur tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap (2 siklus). Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV tunagrahita SDLB Negeri Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. lnstrumen yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini antara lain adalah pedoman observasi layanan bimbingan belajar, dan testing verbal. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu: reduksi data, paparan data dan penyimpulan. Hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada tanggal 21 Juni 2014 mendapatkan hasil dalam hal kemampuan membaca dengan mendapatkan skor rata-rata antara 30% dalam kategori kurang. Di siklus I ketujuh siswa peserta layanan bimbingan belajar masuk dalam ketegori sedang dengan rata-rata memperoleh skor 50%. Dan di siklus II ketujuh siswa yang menjadi subjek penelitian kesemuanya masuk dalam ketegori sangat baik, dengan skor rata-rata 90%. Berdasarkan uraian di atas, maka hipotesis dalam penelitian ini yang berbunyi “Layanan bimbingan belajar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas IV Tunagrahita SDLB Negeri Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014.” Diterima karena teruji kebenarannya. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka peneliti menyampaikan saran sebagai berikut: 1. Kepala Sekolah: Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan belajar sangat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca. Sehingga diharapkan kepala sekolah dapat mendukung adanya layanan bimbingan belajar ini dengan memfasilitasi konselor sekolah dalam memberikan layanan bimbingan belajar. 2. Diharapkan guru pembimbing dapat memaksimalkan layanan bimbingan belajar di sekolah. Agar pelayanan bimbingan dan konseling dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca melalui layanan bimbingan belajar. 3. Siswa: Dengan layanan bimbingan belajar yang telah diadakan sekolah agar dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kemajuan dirinya khususnya dalam meningkatkan kemampuan membaca

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Belajar dan Kemampuan Membaca
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
                    Tanggal Deposit: 08 Nov 2014 10:28
                    Last Modified: 08 Nov 2014 10:28
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3534

                    Actions (login required)

                    View Item