KURNIAWATI, ERI (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS KARAKTER BANGSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS IV SDN 4 DERSALAM KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
Halaman_Depan.pdf - Accepted Version Download (613kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (422kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (158kB) |
Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstrak
PenelitianinidilatarbelakangirendahnyahasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnkelasIV SDN 4 DersalamKudus, yangdisebabkanguru masihmenggunakanmodel pembelajaranlangsungdanpembelajaranhanyaberpusatpada guru sehinggakeaktifansiswamasihkurang. TujuandaripenelitianiniyaituuntukmeningkatkanhasilbelajarPKnsiswakelas IV danketerampilan gurudalammengelolapembelajaran. Think Pair Sharemerupakanpembelajarankooperatif yang menghendakisiswabekerjasalingmembantudalamkelompokkecildanmenghargaiadanyakerjasama.Hipotesispenelitianinidenganmenggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS)berbasiskarakterbangsadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnsiswakelas IV SDN 4 Dersalam yang didukungolehranahafektif, kognitifdanpsikomotorik. PenelitianTindakanKelasdilaksanakanpadasiswakelasIV SDN 4 Dersalamtahunpelajaran 2013/2014yangberjumlah 19 orang, terdiridari 13siswalaki-lakidan6siswaperempuan. Penelitiandilaksanakandalam 2 siklus, masing-masingterdiridari 2 pertemuan, setiappertemuanmelalui 4 tahapanyaituperencanaan, pelaksanaan, observasidanrefleksi. Teknikpengumpulandata yang digunakanadalahwawancara, observasi, dokumentasi, dantes. Hasilpenelitianterbuktimenunjukkanadanyapeningkatan yang signifikanyaituhasilbelajarsiswaranah kognitifsiklus I memperolehpersentasesebesar57,89%danmeningkat disiklus II menjadi78,94%. Hasil belajar ranah afektif pada sikus I memperoleh persentasesebesar64,05%danmeningkat pada siklus II menjadi 66,38%. Hasil belajar ranah psikomotorik siklus I memperoleh persentasesebesar63,70%danmeningkat pada siklus II menjadi 68,80%. Keterampilan guru padasiklus I memperolehpersentasesebesar68,78% dengankriteriabaik (B)danmeningkat di siklus II menjadi90,62%dengan kriteriasangatbaik (SB). Simpulanpenelitianiniyaitupenerapan model pembelajaranThink Pair SharedapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadapembelajaranPKnkelas IV SDN 4 Dersalam. Saran dalampenelitianiniyaitusiswahendaknyamemperhatikanpenjelasan yang disampaikanoleh guru dengansungguh-sungguhterkaitlangkah-langkahpembelajaranThink Pair Share, guru hendaknyadalampembelajaranmemahamilangkah-langkahThink Pair Share, hasilpenelitiandapatmenjaditolakukurbagisekolah, kepalasekolahhendaknyamemfasilitasiguru agar dapatmenerapkan model pembelajaranThink Pair Sharedenganmaksimal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Kata Kunci: | HasilBelajarPKn, Model PembelajaranThink Pair Share BerbasisKarakterBangsa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username librarianumk1 |
Date Deposited: | 08 Nov 2014 04:16 |
Last Modified: | 08 Nov 2014 04:16 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3542 |
Actions (login required)
View Item |