PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI TANAH MELALUI PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS V SD 1 JEPANG

MUSTIKAWATI, WAHYU (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI TANAH MELALUI PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS V SD 1 JEPANG. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (84kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (389kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (342kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (125kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (90kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (93kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Lampiran) - Accepted Version
Download (13MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Pembelajaran IPA mempunyai peranan penting untuk membangkitkan minat siswa dalam proses pendidikan, kemampuan dalam mengembangkan IPTEK serta pemahaman tentang alam semesta. Pada kenyataannya masih banyak siswa SD mengalami kesulitan di dalam memahami konsep IPA dan belum sepenuhnya menyukai pelajaran IPA yang diajarkan oleh guru-gurunya. Hal ini terjadi karena guru dalam mengajar masih menggunakan metode ceramah dan cenderung bersifat informatif serta kurangnya sarana dan prasarana sekolah, alat peraga di SD juga terbatas sehingga prestasi belajar IPA kurang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL pada siswa kelas V dapat meningkatkan hasil belajar IPA?, (2) apakah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL pada siswa kelas V dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar IPA?, (3) apakah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL pada siswa kelas V dapat meningkatkan pengelolaan pembelajaran guru?, (4) apakah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL pada siswa kelas V dapat meningkatkan situasi dan kondisi siswa dalam belajar IPA?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menemukan peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas V, (2) menemukan peningkatan aktivitas siswa dalam belajar IPA pada siswa kelas V, (3) menemukan peningkatan pengelolaan pembelajaran guru, (4) menemukan peningkatan situasi dan kondisi siswa dalam belajar IPA. Hasil belajar adalah nilai yang dicapai oleh seseorang dengan kemampuan maksimal melalui proses pembelajaran. CTL adalah suatu pembelajaran yang dilakukan oleh siswa yang mengaitkan langsung pembelajaran dengan situasi dunia nyata kepada siswa serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Bertolak dari latar belakang identifikasi masalah, maka dapat diputuskan hipotesis tindakan sebagai berikut, dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar IPA, dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan pengelolaan pembelajaran guru, dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan situasi dan kondisi siswa dalam belajar IPA pada siswa kelas V SD 1 Jepang Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Setiap pertemuan meliputi 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA secara sifgnifikan. Pada siklus pertama, skor rata-rata siswa 69,5 dengan persentase ketuntasan 71,88% dan siklus kedua skor rata-rata 83,25 dengan persentase ketuntasan 93,75%. Aktivitas belajar siswa di siklus pertama 2,40 dengan kriteria “cukup baik” meningkat di siklus kedua menjadi 3,22 dengan kriteria “baik”. Pengelolaan pembelajaran guru juga meningkat. Di siklus pertama 2,32 dengan kriteria “cukup baik” menjadi 3,26 pada siklus kedua dengan kriteria “sangat baik”. Situasi dan kondisi siswa juga meningkat. Di siklus pertama 2,36 dengan kriteria “cukup baik” menjadi 3,36 pada siklus kedua dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan CTL materi tanah pada siswa kelas V SD 1 Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus tahun ajaran 2012/2013. Selanjutnya peneliti memberikan saran kepada: (1) Siswa lebih dibiasakan untuk belajar secara berkelompok agar terlatih kerjasama dalam kelompok, (2) Siswa dapat meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan CTL, (3) Guru hendaknya mengurangi metode ceramah dalam penyampaian materi kemudian menggunakan model pembelajaran yang variatif sehingga dapat menumbuhkan antusias siswa dalam belajar, (4) Guru sebaiknya tidak hanya terpaku pada satu sumber saja, bisa juga mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa, (5) Sekolah sebaiknya memberikan wawasan atau pengetahuan bagi guru untuk mengembangkan pemahaman dalam model-model pembelajaran yang bisa membuat siswa lebih aktif dalam belajar, (6) Peneliti diharapkan memahami langkah-langkah yang ada dalam CTL sehingga apabila menggunakan pendekatan CTL dapat berjalan lancar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, IPA, Pendekatan Contextual Teaching and Learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 15 Nov 2014 04:28
Last Modified: 15 Nov 2014 04:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3588

Actions (login required)

View Item View Item