PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR ILUSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD 2 GETAS PEJATEN JATI KUDUS

-, RISTYAWAN (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR ILUSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD 2 GETAS PEJATEN JATI KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. judul) - Accepted Version
Download (361Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (120Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (208Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (728Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1106Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (156Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (71Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (106Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Download (3784Kb)

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berbahasa pada aspek menulis pada siswa kelas IV SD 2 Getas Pejaten Jati Kudus. Hasil wawancara dengan guru kelas IV didapatkan informasi bahwa menulis karangan merupakan salah satu pokok bahasan yang dianggap sulit di semester 2. Pemilihan kata atau diksi, merupakan salah satu faktor penyebab rendahnya keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi. Hal ini disebabkan karena kurangnya perbendaharaan kata yang dimiliki siswa. Berdasarkan latarbelakang tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan media pembelajaran gambar ilustrasi pada siswa kelas IV SD 2 Getas Pejaten. (1) Apakah penggunaan media pembelajaran gambar ilustrasi dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD 2 Getas Pejaten Kecamatan Jati Kabupaten Kudus dalam pembelajaran Bahasa Indonesia? (2) Bagaimanakah keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menulis karangan dengan diterapkannya media pembelajaran gambar ilustrasi? (3) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan diterapkannya media pembelajaran gambar ilustrasi?. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Getas Pejaten Jati Kudus dengan subjek penelitian 17 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran gambar ilustrasi, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD 2 Getas Pejaten. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dari tindakan selanjutnya dianalisisi secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media pembelajaran gambar ilustrasi dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD 2 Getas Pejaten. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajarserta nilai rata-rata pada setiap siklusnya. Persentase ketuntasan prasiklus sebesar 41,00% dengan nilai rata-rata klasikal 61,05 menjadi 58,82% dengan nilai rata-rata klasikal 61,81 pada siklus I. Persentase ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 72,88 atau terjadi peningkatan 35,28% serta nilai rata-rata klasikalnya yaitu 94,10%. Hasil aktivitas guru dan siswa dalam penelitian ini juga mengalami peningkatan dengan media pembelajaran gambar ilustrasi siswa kelas IV SD 2 Getas Pejaten. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan observasi aktivitas guru skor rata-rata pada siklus I adalah dengan persentase 68,11% atau aktivitas pembelajaran dikategorikan baik. Sedangkan pada siklus II skor persentase 81,82% atau aktivitas pembelajaran dikategorikan sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I memperolah skor rata-rata 68,47 dengan aktivitas siswa dalam pembelajaran dikategorikan tinggi. Pada siklus II mengalami peningkatan, hal ini terlihat dari skor rata-rata naik menjadi 81,82 dengan aktivitas siswa dikategorikan sangat tinggi. Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan media pembelajaran gambar ilustrasi dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi, aktivitas belajar siswa serta pengelolaan pembelajaran guru. Jika aktivitas belajar siswa meningkat, siswa akan lebih bersemangat dan merasa tertantang dalam belajar baik individu maupun kelompok. Saran yang dapat diberikan olah peneliti yaitu diharapkan untuk peneliti yang akan datang dapat lebih memahami media pembelajaran gambar ilustrasi sehingga proses pembelajaran berjalan lancar.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR ILUSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD 2 GETAS PEJATEN JATI KUDUS
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
                    Tanggal Deposit: 25 Nov 2014 13:44
                    Last Modified: 25 Nov 2014 13:44
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3673

                    Actions (login required)

                    View Item