PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUKPENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SD 2 KESAMBI MEJOBO KUDUS

SYARIVA, LAILY (2014) PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUKPENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SD 2 KESAMBI MEJOBO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (501kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (284kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (786kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (450kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (624kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (148kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (148kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Lampiran) - Accepted Version
Download (10MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi atas temuan hasil belajar IPA siswa yang rendah yang terdapat pada siswa kelas IV SD 2 Kesambi. Hal ini disebabkan beberapa masalah yaitu pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan penggunakan model pembelajaran yang konvensional. Penerapan model mind mapping dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Tujuan penelitian ini yakni (1) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Kesambi pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam dengan diterapkannya model mind mapping, (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV SD 2 Kesambi pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam dengan diterapkannya model mind mapping, (3) mendeskripsikan keterampilan guru dalam penerapan model mind mapping pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam pada siswa kelas IV SD 2 Kesambi. Mind Mapping merupakan suatu cara mencatat secara menyeluruh dari suatu materi yang dibuat dengan citra visual menggunakan kombinasi warna-warna, gambar, dan cabang-cabang melengkung. Siswa dapat membuat mind map dengan langkah awal menuliskan gagasan utama pada tengah-tengah kertas, kemudian membuat cabang-cabang yang berisi sub topik, siswa dapat memberikan gambar dan warna pada mind map yang merekabuat. Hasil belajar IPA merupakan hasil yang dicapai siswa yang mengakibatkan perubahan dalam kemampuan kognitif, kemampuan afektif, dan kemampuan psikomotorik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Kesambi. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model mind mapping. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa kelas IV SD 2 Kesambi. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan belajar klasikal pada materi sumber daya alam yang cukup signifikan antara pra siklus (41,67%), siklus I (72,22%), dan siklus II (91,67%). Peningkatan hasil belajar juga didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa baik afektif maupun psikomotorik dan keterampilan mengajar guru.Aktivitas belajar siswa pada aspek afektif mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 72,57% (baik) menjadi 81,25% (baik) pada siklus II, dan aktivitas belajar siswa pada aspek psikomotorik juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 71,93% (baik) menjadi 80,5% (baik) pada siklus II.Keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 75,42% (baik) menjadi 85,41% (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD 2 Kesambi. Saran untuk guru, diharapkan model mind mapping dapat menjadi referensi dalam meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa. Dan siwa dapat menumbuhkan semangat kerjasama serta keterlibatan secara langsung dalam pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Mind Mapping, Hasil Belajar IPA, Sumber Daya Alam
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 25 Nov 2014 06:58
Last Modified: 25 Nov 2014 06:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3674

Actions (login required)

View Item View Item